Langkah benar ganti Minyak Rem Cakram


  1. Persiapkan peralatan peralatan sbb ;
    1. Obeng kembang ukuran sedang – untuk membuka tutup master rem
    2. Gayung yang berisi air secukupnya – tempat air bersih untuk membersihkan minyak rem
    3. Lap yang dicelupkan ke air – untuk membersihkan minyak rem apabila tumpah
    4. Selang kecil transparan – memeriksa udara palsu dari selang rem cakram
    5. Minyak rem Dot3/Dot4
  2. Langkah pertama buka master rem dengan obeng kembang
  3. Masukkan minyak rem ke dalam master rem secara perlahan-lahan
  4. Pasangkan selang pada nipel kaliper rem cakram
  5. Pompa handle rem secara kontinyu sampai terasa keras
  6. Tahan handle rem lalu buka/kendorkan nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar, lalu keraskan lagi nipelnya
  7. Lakukan langkah 5 dan 6 sampai gelembung pada selang sudah hilang dan jarak main handle rem ± 2 – 3 Cm, tambahkan minyak rem apabila kapasitasnya berkurang.
  8. Dalam melakukan langkah diatas harus secara perlahan-lahan atau hati-hati, jangan sampai minyak rem menumpahi bagian sepeda motor yang terbuat dari bahan plastic yang di cat, sebab apabila terkena bahan tersebut, maka akan merusak bahan dan catnya.
  9. Apabila terjadi kecelakaan/minyak rem tumpah, maka segera lap dengan menggunakan kain yang sudah di celupkan ke dalam air, dan bersihkan minyak rem sampai bersih
  10. Setelah hasilnya maksimal, tutup kembali master rem dan cek kembali kekerasa n baut-baut master rem dan nipel pada kaliper rem.
  11. Selesai…

Mudah bukan…! tapi inget harus berhati-hati…

dilarang mencoba-coba , hal ini biasanya hanya dilakukan oleh orang – orang yang terlatih… :-) ;-)

16 comments on “Langkah benar ganti Minyak Rem Cakram

  1. mas saya mau tanya nih, knp seal piston caliper sering sekali macet ketika saya ingin membersihkan kampas rem depan (cakram) atau dengan cara di dorong ke dalam?… dan knp piston master caliper jg sering seret atau ga mau balik?… motor saya supra x 125, trim’s atas bantuannya…..

  2. Mas, mo nanya nich? Motorku supra x 125. Seringkali sewaktu direm atau digas perlahan tiba2 bunyi jedor !di knalpotnya. Bikin kaget aja. Kadang ada asapnya. Aq ga ngerti, apanya yg rusak. Hrs diapain?

  3. Bro, rem belakang tigi g kalipernya ga mau balik lagi. Dulu pas ganti ke rem cakram pernah terjadi, trus g bawa ke AHAS, katanya ada penyumbatan di masternya, setelah dibersihkan bisa lancar lagi. Tapi sekarang (sekitar 1 tahun) masalah itu muncul lagi, sampe2 tigi g ga bisa jalan meski udah pake gigi 1.
    Kenapa bisa begitu ya? trus kalau terjadi penyumbatan debu, dari mana debu itu masuk, kan tutup olinya rapat. Trus apa yang harus g lakukan?

  4. mau nanya nih.saya punya nsr.kenapa remn cakramnya lengket ya?pdhal br digrenda supaya lbh tipis n g lengket.tapi br keluar dari bengkel eh keras balik.jadi kena rem trus tuh motor.mohon sarannya.thx.medan

  5. Mas bro ahass saya sudah coba pake yang orsi minyak remnya tapi gak berpengaruh banyak, padahal komponen piston sama sealnya udah ganti yang baru pake yang genuine. Mungkin mas bro ahass bisa bantu solusinya. Kondisinya saat ini ngeremnya gak empuk alias keras, akhirnya bikin pengereman kurang pakem.
    Mungkin mas bro ahass bisa bantu solusinya…?

  6. Belinya di Ahass bro, nih part numbernya :
    HBF50ML – Honda Brake Fluid harga : Rp. 4.200,-
    memang rekomendasi pabrik yang bagus pake yang itu…
    coba dech pasti lebih mantep…amiin…

  7. maz bro Murid04, ane nebus di ahass, botolnye kecil (sayang gak ada yg botol gede). harganye sekitar 5K atau 4.5K gitu lupa ane, mau lebih jelasnye sih tanya ke maz bro Ahass aje :D.

  8. Bro bebekgegerotak tanya dikit dong minyak rem orsi ahm dot 4 belinya dimana, saya mau coba juga pake soale gak enak banget dipakenya.
    Thanks 4 infonya.

  9. maz bro murid04,
    ane juga merasakan seperti itu, pakai dot3. tapi terakir saya beli lagi yg orsi ahm dot4 kok lebih empuk sekarang, ane kurang tau juga tuh spek minyak rem atau apa?
    hehehe sekalain nih bisa di kasih pencerahan dari maz bro Ahass.

  10. Bro nanya dikit dong, motor saya supra x 100 cc baru di bongkar rem depannya karea minyak remnya mau dikuras.
    Setelah selesai saya masukin minyak rem prestone dot3 terus dipompa sampe minyak remnya keluar dari nipple buangan angin di bagian bawah. Cuma masalahnya setelah dicoba kok handlenya terasa jadi lebih keras dari sebelum diperbaiki jadi gak enak aja kalo dipake buat ngerem jadi agak maksa pokoe gak nyaman deh.
    kira2 apa penyebabnya yah ?? spek minyak rem ato ada lainnya.
    thanks sebelumnya atas info yang diberikan.

  11. 1. seal piston hanya terpasang 1 buah tiap rumah pistonya, setau saya harusnya ada 2 seal per rumah piston (cmiiw).
    2. kalau di lihat memang agak oleng tapi masih termasuk wajar.

    terakhir memompa/buang angin palsu posisi minyak rem sudah pada batas upper, setelah itu saya buang 1x lagi dengan tetap menekan tuas rem,kemudian saya baru saya tutup kembali, dan pastinya volume minyak di master rem pasti akan berkurang lagi kan dan saya pikir tidak akan lebih mendorong kanvas rem untuk tetap menjepit cakram.

    oh iya kenapa ya pad nissin tidak tersedia di ahass?, apakah part yg saya sebutkan itu sama kualitasnya dengan nissin?

  12. kalo lihat part numbernya orsi bro,
    satu lagi informasi yang perlu riders ketahui bahwa sistem kerja piston kaliper adalah berdasarkan :
    1. Seal Set Piston (06451-…-…)
    2. Pergerakan piringan cakram
    sehingga piston kaliper dapat kembali pada posisi awal sehingga pad set tidak lengket dengan cakram.

    bro “bebekgegerotak”
    kalo melihat kasus ente, gw cukup penasaran, udah di cek blm kapasitas minyak rem yang ada di master rem, mungkin kapasitas terlalu full jadi pad lebih masuk kedalam menjepit cakram? ^_^

  13. 1. ane nebus di ahass lho nomer part nye 06455-kr30404, itu lho yg katanya non asbestos.
    - yg ane liat visual itu sama dengan yg bawaan pabrik merk nissin banyak serbuk kuningnya.
    - dari buka bungkusnya sih gak kena minyak dan lain2.

    2. piston dah ane bongkar 2-2 nya sekalian di bersihin semuanya berikut rumah piston. Dan tidak terdapat karat.

    3. nah ini yg agak susah kalau di lihat pas rem di tekan piston maju cukup jauh, setelah tuas rem di lepas sepertinya piston gak kembali ke posisi semula hanya 1/2 jarak piston maju mendorong disk pad.

    4. Pad pertama baru semua setelah kejadian pad nya selalu menjepit disk akhirnya saya pasang sebelah 1 sisi baru dan 1 sisi yg lama.

    nah mungkin saya ada kesalahan dalam proses memompa / membuang angin palsu. Yg saya lakukan setelah angin palsu terbuang dan pad menjepit disk saya buang minyak rem dari nipple dengan tetap menekan tuas rem, baru kemudian saya tutup kotak rumah minyak remnya.

    itu piston kembali mundur dan pad tidak terlalu menjepit, tapi setelah saya tes jalan dan di rem beberapa kali padnya selalu menjepit sampai roda berat sekali diputar.

    jadi sekarang saya masih menggunakan 1 pad baru dan 1 pad lama dan itu berhasil sampai sekarang.
    saya cuman bingung kenapa bisa begitu.

    kurang lebihnya saya minta maaf, mudah2an pertanyaan2 saya bisa menjadi solusi untuk rider yg lain. dan terimakasih untuk jawaban2-nya.

  14. bro “bebekgegerotak
    kalo setelah dipake ngerem tapi “pad-nya” nggak balik, perlu diperiksa :
    1. Kualitas Pad bagus apa tidak?
    – jika bahannya terlalu lunak, maka akan lengket & kurang bagus,
    – jangan sampai terkena bensin/minyak,
    2. Pastikan sisi luar piston kaliper dua-duanya bersih dan mengkilap (tidak ada karatan), jika berkarat, bersihkan dengan amplas halus,
    3. Periksa kerja piston dan pastikan lancar dengan menekan kedalam terasa agak ringan.
    4. Pastikan pad rata, alias tidak tebal sebelah.
    jika semua item diatas OK, maka seharusnya thokcer…!
    mudah-mudahan yang saya sebutkan diatas membantu, jika belum juga, silahkan sampaikan kembali keluhannya ya bro…

  15. nah yg jadi masalah tuh, kenapa setelah dah beres semua, dan motor sudah kita jajal, di pakai nge-rem beberapa kali lama2 kanvas rem tidak berbalik ke posisi semula yah?, samapai akhirnya di buang lagi lewat niple minyak remnya. Nanti akan kembali seperti itu lagi, akhirnya saya hanya mengganti 1 sisi disk pad baru dan yg 1 lagi menggunakan yg lama.

    apakah ada trik khusus untuk penggantian ini?

Komentar ditutup.