Atasi knalpot motor Honda Nembak-nembak!


Sebelum akan saya bahas beberapa hal yang menyebabkan terjadinya ledakan – ledakan pada knalpot pada saat motor dinyalakan:

  1. Pembakaran terlalu Lean(miskin)
  2. Knalpot ada yang bocor
  3. Pengapian tidak tepat

Langkah jitu atasi knalpot nembak-nembak pada motor Honda :

  1. langkah awal pastikan dulu knalpot ente nggak bocor, kalo pake knalpot racing, gunakan yang ada sekat-sekatnya.
  2. Kalo ada masalah berhubungan dengan pembakaran, langkah pertama adalah periksa hasil pembakaran pada kepala busi,
    1. putih & kering : artinya terlalu lean/miskin alias irit
    2. putih kecoklatan : berarti baik-baik saja
    3. hitam & agak basah : artinya rich/kaya alias boros
  3. Pastikan stelan air screw(stelan angin) pada saat langsam jangan terlalu banyak, alias pas-sin dengan hingga RPM mesin stabil / tidak tersendat-sendat, ukuran standar untuk motor Honda bebek: 1,5 putaran, Honda Sport: 2 – 2,5 putaran air screw.
  4. Kalo resep diatas blm manjur, coba bukaair screw/stelan angin sampai keluar screw(sekrup) + Pegas dan O-ringnya,
  5. Periksa O-ringnya, kemungkinan rusak atau malah tidak ada(hilang),
  6. O-ring kalo tidak ada, efeknya ada kebocoran angin ke karburator, membuat pembakaran jadi lean(miskin)
  7. Solusinya adalah ganti o-ring dengan yang baru,
  8. Masalahnya adalah kalo kita cari di took-toko diluar, O-ring tersebut tidak ada kecuali beli carburator repair kit
  9. Jadi triknya adalah, beli korek api gas di took-toko samping rumah ente, yang harganya Rp1.000,-
  10. Bongkar tuh korek api, pasti ente akan menemukan O-ring yang ente cari,
  11. Pasang O-ring dengan benar kedalam air screw, dijamin ngga ada kebocoran udara dari situ.
  12. Kalo belum juga kunjung hilang, terakhir periksa system pengapian (CDI) coba pinjem temen, ganti sebentar dan test, kalo bagus berarti CDI enter harus di museumkan ;-)

Demikian tips gw, ditunggu commentnya!

About these ads

16 comments on “Atasi knalpot motor Honda Nembak-nembak!

  1. knalpot nembak.saran saya adalah.paking harus diganti baru dan jangan lupa paking lama yang udah berkerak dan menempel gimanapun harus dikeluarkan dan dibersihkan jangan sampe tersisa.jangan lupa setelan angin dan gas harus pas.belilah knalpot yang ujung kepalanya harus rata.belilah paking orisinil.pada saat pasang knalpot pengencangan bautnya harus sama antara kiri dan kanan.bila perlu kalau motor udah bekas pake knalpot racing pakailah double paking.motor jangan lupa diservice,dan terakhir jangan lupa kalau masih nembak businya diganti.saya jamin tidak akan nembak lagi.dan saya sarankan pake knalpot racing yang bermutu seperti merk dbs,cms,arrow,magnum,domination,kaliber dan produk lokal seperti nobi juga lumayan terima kasih

  2. mecom…
    Q punya matic vario ne, waktu qu hidupin stndr dua dah tu qu gas kenceng stlh slow gasnya lngsung mati…
    aq hidupin lg,lgnsung suara nembak dr knalpot na…pa nya ya,bingung ne?
    tlg donk sobt bikers plis…?

  3. kemarin saya habis beli honda mega pro kurang lebih sudah 3 minggu, saya punya masalah kalo pagi susah di start, baik pake starter ato kick (kaki) gimana bro….. solusinya apa memang udah gitu bawaanya thank’s atas solusinya

  4. gw punya juga honda supra-x 125 yg nembak knalpotnya smp hari ini. hal ini terjadi justru setelah saya servis biasa dan ganti oli di bengkel ahass. bukan niat saya mau menjelekkan nama ahaas,tp jujur aja saya sudah ga percaya lagi,apalagi thdp bengkel ahass tsb. ceritanya begini :

    pertamanya saya servis dan ganti oli, setelah pulang saya merasa gasnya tidak stabil jika saya gas sedikit,hal ini terjadi pd gigi 1 smp gigi 4.
    2 hari kemudian saya kembali ke bengkel tersebut,mengeluhkan hal tsb,kemudian montirnya menyetel setelan gas dan angin,lalu saya disuruh ganti busi dan saya ganti. belum smp 200m dr bengkel tsb,nembak lagi u/kesekian x. gasnya sudah stabil stlh distel msh blm stabil jg.

    seminggu kemudian saya kembali lagi ke bengkel tsb u/meminta pertanggungjwbannya. dan kali ini motor saya tinggal krn saya sibuk tidak sempat menunggui.
    sorenya bengkel tsb tlp,dan mengatakan bhw motor saya sudah selesai dan bisa diambil. sewkt saya ambil,gasnya sudah stabil (tidak sendat2 lagi) dan tidak terjd tembakan pd knalpotnya.

    tp pada waktu mlm hari stlh saya plg kantor,dlm perjlnan plg,tiba2 terdengar suara tembakan yg sangat tajam dari knalpot dan hal itu msh terjadi sampai saat ini.

    saya sudah menyerah,tidak tau mesti ngapain lagi.
    :’(

  5. bos-bos yang baik … nanya niy …
    buku ataw referensi tips & trik perawatan motor apa ya yang paling bagus ? khususnya buat supra 125D

    thnx b4

  6. motor saya GLPro 1994, kemarin habis diservis, dan untuk stationer bagus, tetapi kenapa kalau sewaktu jalan dan kopling ditarik sambil gas dilepas, mesin mati sendiri ?, setelah kopling dilepas mesin hidup kembali… mungkin bisa dibantu ?

  7. @bro tok & mas bro Supra 2002
    thanks atas tips & triknya,

    @bro Yusman
    ngeceknya harus teliti, temasuk lubang diameter pilot jet dan main jetnya kemungkinan juga bisa sudah aus, sehingga langsam susah.
    pertanyaan gw,
    tipe motor ente apa?
    onderdil karbu masih orsi semua nggak?

  8. ada kemungkinan skep (piston karbu) sudah renggang atau ada bagiannya yg aus (terutama bagian kiri dan kanan lubang venturi) sehingga udara bebas masuk… atau lubang spuyer tersumbat.

    CMIIW.

  9. HI, BRO. MOTOR GUE MASALAHNYA SAMA KAYAK DIATAS, TETAPI SETELAH DICEK SEMUA SESUAI TIPS U, KNALPOTNYA MASIH NEMBAK JUGA KALO GAS DILEPAS. DAN PUTARAN MESIN SUSAH LANGSAMNYA. KENAPA YA?

Komentar ditutup.