Menyetel langsam motor Tiger Revo…!


Tekhnik Menyetel langsam

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?

Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…

Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.

Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.

Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah  1300 – 1500RPM

Nih caranya: 

  1. Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPMslide1.jpg

  2. Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil

  3. stel_angin.jpg

  4. Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).

  5. Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. seperti pada gbr dibawah ini…

slide2.jpg

 Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

  1. Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
    1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    2. Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
    3. Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
  2. Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
    1. Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
    2. Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
    3. Periksa per skep mungkin sudah lemah
    4. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    5. Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
  3. Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
    1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    2. Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.
    3. Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Demikian, silahkan coba prosedur diatas, apabila mengalami kesulitan silahkan layangkan komentar ke kami, dan apabila ada yang ingin menambahkan silahkan tuliskan untuk kami.

Thanks….

About these ads

22 comments on “Menyetel langsam motor Tiger Revo…!

  1. mas mw tnya tiger revoku klo gas diatas 1000rpm klo digas lgi gasnya ga mw balik tpi klo dikecilin jdi mati2 truz itu knapa ea?

  2. brp kcepatan maximal tiger revo?soalnya mtr sy cuma mampu 140 pd jln menurun n pd jln rata cuma mampu 120,bgm caranya agar tarikan mtr sy dpt lbh kencang lg

  3. tigirevo saya barunya susah hidup pagi2 and kalo jalan sering mati padahal baru tuneup di ahass trus saya ganti pilot jet pake GLpro 40 malah oke… krn punya tigi kekecilan tuh (38)

  4. Ping-balik: Setel Angin Motor Bebek 125 « Rhan16

    • Bro…aq pake tiger revo 2007, bbrp hari lalu discore klep dan ganti temeng di ahass, setelah itu suara mesin gak kasar lg, tapi sekarang maslah’a adalah Tigerku langsam’a ancur..susah idup, starter’a mati, dan sering mati mendadak waktu dilampu merah….
      tooolong saya brooo…soal’a kemaren aq udah kena 1 truk TNI krn tiger ku mati depan truk mereka….tolong ya bro..

      Salam
      Rudy-Banda ACeh

  5. Ping-balik: Setel Angin Motor Bebek 125 @ BRT Shop dot net

  6. Ping-balik: Setel Angin Motor Bebek 125 « Blog Ahass Bintangmotor!

  7. mas..mtrku tiger 2001..kawat lemen (hambatan) dibandul/pelampung pada putus…rencana mau dibetulin sendiri..berapa ukuran kwat yang masih ditolerir..soale kawatnya susah nyari’nya..beli spare part baru ampun harganya ampe 350_an

  8. saya punya masalah yaitu seal atau karet di setelan angin hancur jadi tidak bs dipake,trus gmn solusinya.. makasih

    • Gampang bro.. Ambil korek api gas bekas, kalo beli jg cuman 500 perak.
      bongkar bagian dalamnya pasti ente temukan yang bro cari….
      didalamnya ada seal yg seukuran sama seal stelan angin, dijamin manjur nih obat :-)

  9. Boz,mtr tigerku thn 2005 akhr.
    Knapa 2 thn ini stiap pr 2-3 bln kabel dr sfullnya kbakar trus dah gt kiprok orsinilnya rusak trus. ?
    Makasi

    • 1. kalo kabel udah gak asli (ganti dengan kabel yang kualitasnya bagus, kalo kualitasnya jelek tidak kuat nahan arus listrik yg besar)
      2. coba spull di gulung ulang bro..
      mungkin ini bisa karena material kawat spull udah jelek, jadi tahanan spull rendah sehingga arus yang keluar melalui kabel spull terlalu besar akibatnya kabel panas dan terbakar

  10. mas, aku mau nanya.klo motor tiger waktu hidupin pagi2 kog susah ya dan langsamnya jg tidak stabil, padahal motornya masih baru (tiger revo 2008). kira2 penyebabnya apa ya mas?.terimakasih mas.

    • 1. normal bila suhu udara dlm kondisi dingin (sehingga harus di chuke dahulu)
      2. bila suhu normal, tapi susah sekali hidupnya, paling bagus di Bawa ke bengkel resmi Honda biar dicek sama ahlinya karena kondisi masih baru. ini bisa terjadi karena stelan klep dari pabrikan agak rapat, sehingga pembakarannya kurang pas. (bisa di setel ulang di bengkel resmi)

    • ganti aja bos pilotjet punya GLPro yang 40 atau Ganti pilotjet kitako yang 40/42,5. di motor gw mujarab langsung Josssss.. oke lagi tarikannya.

  11. bosss q mau nanya clo mtor pada saat pagi hari saat mulai hidup itu klo digas setengah putaran gas itu putarannya jdi tersendat – sendat trus kaya mau mati itu penyebab utamanya apa ya boss ? tapi apbila cuma digas kecil atau lebih besar lagi itu putarannya normal2 aja , cma itu clo digasnya cuma setemgah putaran putaran motor jadi tersendat sendat. mtornya supra’ ok trmakasih mhon dikasih jawabannya.

  12. wah bagus ni artikelnya very good! mas saya mau tanya, kalo putaran langsam lebih dari normal (1600-1800RPM) ada efek yang ditimbulkan ga terhadap mesin,baik plus dan minus? terima kasih mas.

Komentar ditutup.