Ngecek lampu depan mati / redup


Repot apabila malam-malam, lagi asyik-asyiknya naik motor sambil boncengin pacar, tiba-tiba lampu depan redup… redup… dan akhirnya mati, wah repot kalo gitu.
apa yang harus kita lakukan?
begini nih cara ngecek kelistrikan pada lampu depan. kita ambil contoh motor ente adalah motor grand (biar agak tuaan dikit):

  1. pertama; perlu tahu terlebih dahulu komponen apa saja yang berhubungan yaitu ;
    1. spull
    2. kiprok
    3. saklar kanan
    4. saklar jauh dekat
    5. lampu depan
    6. lampu belakang
  2. kedua; cek sambungan kabel-kabelnya, diantaranya semua kabel yang berhubungan dengan lampu depan pada motor ini adalah ;
    1. spull : kuning dan putih
    2. kiprok : kuning, putih dan hijau
    3. saklar kanan : kuning, coklat/putih dan coklat
    4. saklar jauh-dekat : biru, coklat/putihdan hijau.
  3. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna kuning dengan hijau, besarnya tahanan kira2 : 0,02-0,05Ohm, apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
  4. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna putih dengan hijau, besarnya tahanan kira2 : 0,02-0,05Ohm apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
  5. periksa tegangan (voltase) yang masuk ke kiprok pada saat motor dinyalakan dengan AVOmeter pada posisi AC, dimana kabel kuning berhubungan dengan merah pd AVO dan kabel hijau berhubungan dengan kabel hitam pada AVO
  6. besarnya tegangan pada saat ditarik gas adalah maksimal 12-14Volt, apabila dibawah tegangan tersebut, berarti kiprok anda bermasalah., dan minta di lem biru(lempar beli baru).

demikian sedikit tips ringkas dari saya, apabila ada yang ingin berkomentar, silahkan tulis melalui form komentar….. ditunggu….
——————————————————————————————

About these ads

5 comments on “Ngecek lampu depan mati / redup

  1. mas lampu gl pro ku th 96 lampu depan redup’ tapi yang lainnya tetap terang . tapi kalo saklar tak posisikan antara jauh dekat lampu jadi agak terang waktu tarik gas lampu meredup. saran apa yg harus saya lakukan ? terima kasih

  2. thanks bro ahass, ternyata lampu vario gw cepet mati karena getaran besar akibat jalan yang rusak, sekarang gw dah ngakalin biar gak cepet mati lagi lampu na

  3. maz mo tanya dikit neh lampu Vario mati sebelah padahal aq dah ganti bolamp kok bisa cepet banget yah matinya apa harus ganti dua2nya yah (soale baru 1 minggu qa ganti ehh mati lagi tuh) apanya yang perlu diperiksa????

    lampu depan sering putus umumnya disebabkan karena getaran yang terjadi pada body lampu depan terlalu besar,
    getaran yang besar timbul karena ; medan jalan yang rusak, dan getaran yang disalurkan dari mesin yang disebabkan ada baut mesin yang kurang kencang.
    bila keduanya normal, kemungkinan ada bagian kabel yang konslet, sehingga tegangan yang masuk ke lampu depan terlalu besar dari kemampuan lampunya.

  4. EMANG JALAN2 AMA PACAR BAWA2 AVO METER MAS?

    nah… sekarangkan udah tahu, siapa tahu nanti kejadian pas lagi jalan sm pacarnya, tiba2 lampu mati dijalan…., makanya sebelumnya disiapin dl didalam jok, jangan tunjukin sm pacarnya.
    begitu kejadian di jalan(tapi ngga ngedo’ain lho ya…) ente bisa jadi pahlawan dalam kegelapan…. ;-). thx

Komentar ditutup.