Tips Menyetel Kopling Motor Bebek


Tanggapan pertanyaan dari RIANTV sebagai berikut:

Dear Dokter AHASS..
Terima kasih atas penjelasannya, setidaknya saya menjadi lebih tenang dalam mengetahui soal otomotif mesin motor.Pak Dokter, satu pertanyaan lagi dari saya.. Boleh donk minta urutan cara setel kanvas kopling Honda Karisma D 2003, secara rumah saya dan kerjaan saya kurang begitu sempat mampir ke Bengkel Ahass.
Walau lebih mahal harganya, tetep saya jamin deh selalu menggunakan spareparts asli dari Dealer langsung, mohon bantuannya ya Dokter

Berikut tips Menyetel Kopling Motor Bebek Honda!

stel_kopling_honda-4.jpg

Sediakan peralatan sbb:

stel_kopling_honda.jpg
  1. Obeng (-) sedang
  2. Kunci Ring 14-17

Langkah penyetelan :

  1. stel_kopling_honda-3.jpg


    Kendorkan Mur pengunci baut stelan kopling dengan kunci ring 14 ke arah kiri hingga kendor

  2. stel_kopling_honda-2.jpg

    Putar baut penyetel kearah kanan (searah jarum jam) hingga terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah kiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti


  3. obeng_stel_kopling.png

    Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 – 1/8 putaran.


  4. stel_kopling_honda-1.jpg

    Kencangkan Mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.

Periksa hasil penyetelan dengan cara

  • Hidupkan mesin,
  • Masukkan persnelling pada gigi 1 dan tahan pedal persnelling
  • Putar gas hingga seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000RPM
  • Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas, artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar, berarti penyetelan belum tepat, maka harus diulang langkah diatas.

Demikian tips penyetelan kopling otomatis untuk semua motor bebek produksi PT. Astra Honda Motor.

Semoga bermanfaat!

15 comments on “Tips Menyetel Kopling Motor Bebek

  1. motor saya shougun R110 thn.2002,motor d bawanya g maksimal,agak nahan,padahal bensin udah sy borosin,ap ngaruh d setelan kelep/kopling,dan solusinya gmn,thanks penjelasanya

  2. bro, gw mau nanya kalau mau besarin ban karisma baiknya ukuran berapa ya?
    trus klu di gedein adakah efeknya ke mesinnya??]
    kalau motor gw lagi jalan, ban belakangnya terasa oleng gitu napa juga ya bro, padahal bearingnya oke??
    thanks sebelumnya.

  3. ass ahass. .
    knp y, mtr sy grand th93, bila di gas, putaran mesin tinggi, tapi tenaga dan kecepatan kok kec├Čl atau rendah.
    apa itu karena kuplingnya?
    tlg d jlskn!
    trm ksh!

  4. Ping-balik: Menyetel Kopling Motor Bebek « MEKANIK OTOMOTIF SMKN2 TEBING TINGGI

  5. to: ahass bintang motor

    maaf mas saya mau minta tlong dijelasin tentang problem di motor saya yaitu motor supra saya bermasalah pada bagian persneling pada gigi pemindahnya terlalu bebas,telah saya stel berulang kali tetapi tidak ada perubahan terus apabila digunakan untuk jalan getarannya besar sekali terutama pada gigi 1- 3 rasanya tidak ada perbedaan kecepatan,
    1. apakah ini disebabkan karena kampas kopling sedah aus atau pada bagian yang lain ya mas ? atau komponen yang lain,
    2. bagaimana mengetahui apabila kampas kopling sudah aus ? apa gejalanya,
    terima kasih atas bantuannya mohon sekali ini dijelasin.

  6. mas ahass, mo tanya juga neh.
    Kok saya ndak bisa bisa sih setel nya +_+
    Itu pengetesannya dalam posisi standar samping atau standar 2? mohon pencerahannya
    thank’s

  7. Dear mas ahass

    Saya mau numpang konsultasi nih. Motor saya Honda Supra X 125R yang udah pakai rem cakaram di roda depan dan belakangnya. Masalahnya, dengan rem cakram belakang yang single piston itu, kenapa malah ga pakem sama sekali (terasa mulur saat direm), jauh lebih pakem motor honda yang masih tromol rem belakangya. Apakah karena selang rem yang terlalu panjang atau memang konstruksi yang kurang tepat. Klao masalah adanya udara di dalam rangkaian rem, itu ga mungkin, soalnya udah pernah saya bawa ke ahass dan juga udah berkali-kali saya “gemboskan” tetep aja “mulur remnya, jadi ga pakem sama sekali, seolah-olah ga ada fungsinya itu rem.

    Mohon penjelasannya, terima kasih.

  8. Thanks bro… dah mampir, cakep juga web duniabengkel-nya.
    ngga usah cek kampas kopling,
    karena stel kopling dalam hal ini tujuannya untuk menyesuaikan perpindahan gigi agar lebih nyaman dan menjaga ketahanan kampas kopling,
    karena kalo stelan kopling nggak pas, oper gigi nggak enak dan dapat menyebabkan kampas kopling cepat aus.

Komentar ditutup.