Kiprok Imitasi Murah!!! tapi MAHAL!!!


Sudah menjadi kisah nyata bahwa kebanyakan orang punya motor, terutama yang punya duit pas-pasan, saat menemukan kiprok / regulatornya rusak, lalu ngecek harga Originalnya ternyata harganya selangit. akhirnya pakai produk imitasi atau kwalitas nomer 2. dipakai sebulan, langsung jebol lagi, jebol lagi dan jebol lagi.
Sebagai contoh milik Honda Grand. asli buatan Honda Genuine Parts harganya Rp. 103.000,-.
ketimbang mahal, akhirnya pilih barang murah alias imitasi yang harganya Rp. 50-60 ribuan.murah banget donk!!!tetapi sebulan atau dua bulan kemudian, aki enggak bisa ngisi lagi lantaran kiprok jebol, gejalanya lampu depan redup-redup…, terpaksa ganti lagi yang baru.
bukan hanya itu, mending jika kiproknya nggak mau ngisi aja, coba kalo kiprok bisa ngisi tetapi karena dioda zener didalam kiprok rusak, pengisian menjadi over, akibatnya dapat merusak sel-sel didalam aki, jadi selain sampeyan ganti kiprok, juga harus ganti aki baru.
belajar dari kejadian itu, makanya saya menyarankan kepada bikers semua, untuk beli yang asli, sebab pakai palsu jatuhnya lebih MAHAL. Meski harga regulator Grand orisinil diatas 100 ribu, tetap lebih murah lantaran dipakainya bisa lima tahun.Ingat! jangan salah beli, berikut part numbernya:
  • Tipe Grand/Supra = 31600-KRS-971
  • Tipe Tiger = 31600-KG1-920
  • Tipe Supra X125 = 31600-KTM-N01
untuk itu, meski sekali lagi gunakan spare parts orisinil yang direkomendasikan pabrikan demi kenyamanan anda dalam berkendara sehari-hari dan juga kenyamanan kantong belanja anda. :-)
Regulator tidak seperti komponen listrik lain. Sistem kerjanya tidak bisa ditawar-tawar.
Selain mengubah arus AC menjadi DC juga membatasi arus listrik jangan sampai berlebihan.
16 comments on “Kiprok Imitasi Murah!!! tapi MAHAL!!!

  1. untuk kiprok memang aku setuju dan wajib harus yang orsi karena dah sesuai tegangan keluaran pada saat rp rendah,menengah dan tinggi.

    Motor saya GL100 thn 85 saya mau ganti spare part tapi g tau harganya,tolong bantuannya

    ini list partnya
    1.Rocker arm + shaftnya
    2.gear rante keteng
    3.piston + ring
    4.bearing crank shaft
    5.camshaft \ noken as

  2. motor saya megapro 2002 baru skr 2009 bermasalah ama aki nya atau kiprok ….bagusnya dicek ke bengkel atau ke ahass ni? bajetnya 200rb bisa rebes ga ni motor padahal tu aki rajin ganti air… apa dah umurnya yaa?
    cek dulu ke bengkel aki apa langsung ke ahas ya?kalo ke ahass pasti maen ganti ya? aki & kiprok….. bisa abis dah 500rb… akinya 225rb… kiproknya 200san lebih ni kayanya
    kiprok bermasalah ga ya?soalnya righting ga mo ngedip2 dah 1thn blm dibenerin ampe mati deh skr….. :-(( bangkrut dah

    • baiknya di cek dulu mas, bisa jadi keduanya gak ada masalah, mungkin saja ada kabel2 yang rusak / putus, percayakan ke bengkel Ahass.

  3. motor grand 97 lampu depan redup nih, gimana yah ?
    reflektor udah di ganti, accu baru, yang lain lama semua ……
    udah 6 tahunan nieh.

  4. poro sedulur sedoyo..
    aku mo tanya neh. da yang tau gimana caranya buat indikator kiprok ma aki dalam keadaan baek atao rusak?sekalian rangkaiannya ya!
    plis add ke e-mailku ya!
    bantuin donk plis. buat tugas kul neh.

  5. Bung, mau tanya ya…
    Motor Tua saya Supra-X th 2004 lampu utama sering putus, ganti lagi – ganti lagi (Padahal udah diganti dgn yg oroginal)

    Pertanyaan:
    Apakah KIPROKNYA yang rusak? Udah gitu Aki juga gak kuat utk Start.

    Ditunggu ya Bung,
    Tengkyu

    • mas kayanya kiprok deh yang di ganti soalnya selain pengisian kiprok astrea grand satu kabelnya lagi buat lampu depan,klo kiprok dah mati jadi keluaran daya listriknya jadi melebihi daya pada lampu depan,terutama pada putaran tinggi

  6. Motor saya supra x 100cc 2004, ingin pake cdi brt yg dc, tp gmn caranya mengubah ac menjadi dc? Apa yg seri dualband bisa d pasang d supra x 100cc (AC) dan Blade (DC)? Tlg d jwb lho!!

  7. motor saya honda astera grand 97. saya punya masalah nih. Saya baru beli kiprok dan accu baru. setelah dipasang kedua-duanya kok kiprok saya panas banged ya? terus accu pun tidak mengisi. apa ada yg salah dalam perkabelan saya?
    ini motor udah lama mati? kalo boleh tau untuk kabel kiprok warnanya apa saja ya terus fungsinya (+) or( -)? thank sebelumnya?

  8. kenapa kiprok supra x 125 mudah rusak bro?? kira apa ya penyebabnya, thanks jawabannya??

  9. sepeda motor saya prima 90, kiproknya rusak . yang ingin saya tanyakan; saya minta dibuatkan gambar rangkaian kiprok buatan sendiri dengan dioda. trims

  10. OM MOTOR SAYA MEGAPRO 2001 YG BELUM STATER ,AKI TEKOR SDH DIGANTI DGN AKI KERING 5,5A .MASIH TEKOR JUGA .DAN SAYA SDH GANTI KIPROK GRAND. BGM SOLUSI SUPAYA TDK TEKOR BERHUBUNG PERALATAN BANYAK SEKALI
    MOHON PENCERAHANNYA,THANKS

  11. motor saya honda grand 95
    sudah saatnya mengganti komponen yang ada dalam mesin, apa yang musti diganti untuk mengembalikan tenaga,terutama saat naik gunung….terima kasih

  12. saya ada masalah dengan sepeda motor saya, begini,saya ubah sistem pengapian yang ada pada sepeda motor saya dari AC ke DC, dimana permasalahanya adalah daya yang keluar kok lebih kecil?trus menurut anda bagaiman cara untuk mendorong daya pengapian yang lebih besar?sehingga daya yang keluar lebih besar? terima kasih

    merubah timing pengapian tidak mudah, tetapi sudah dibikin mudah dengan disediakannya CDI Racing Merek BRT yang tinggal pasang.
    tipe motor sampeyan apa? karena merubah tipe pengapian AC ke DC tidak sembarang tipe motor bisa.

  13. Tanda-tanda kiprok rusak itu apa ya? trus fungsi kiprok sebenarnya utk apa? apakah mgkn kiprok menyebabkan voltase ke lampu terlalu tinggi atau tidak stabil?

    thanks.

Komentar ditutup.