CB 100 korekan


mungkin terlambat untuk mengucap Happy  New year 2009, tapi ya nggak apa-apalah daripada enggak, nah untuk membuka awal tahun ini, blog ahass.wordpress.com, mendapat kiriman tips jitu dari bro Aditya.honda cb 100

berikut ini adalah artikel yang dikirim ke email admin dari bro aditya, hasil pengalaman pribadi bersama GL100-nya yang dialaminya, semoga bisa berguna buat bikers lain, terutama pecinta CB 100.

Aku punya motor CB100 tahun 83. Awal baru beli bt banget sama motorku dari masalah kelistrikan sampai ke masalah speed.

Pertama aku main kelistrikan. Aku rubah pake cdi grand. Tapi masih kurang soalnya masih kurang sempurna. Akhirnya aku ganti magnet dan spul pake grand. Aku beli bak magnet grand trus dibubut bentuk bulat seukuran yang di bak magnet CB….Aku cuma mau ambil dudukan spul grand biar bisa dipasang di magnet CB. Trus aku las babet di magnet CB. Jadi bak magnet cb aku pake spul Grand. Jadi tampilan luar tetap standar. Kelistrikan pun untuk aku sudah sempurna.

Untuk urusan mesin aku adopsi punya suzuki satria F150 dengan ukuran diameter seher 70mm. Tapi Pen seher tetap 15. Aku pakai seher buatan Izumi.

Untuk urusan langkah, Aku pakai bandul Honda CG karena bandul CG leebih berat. Dorongan kompresi makin matap dengan naik Stroke 10mm. Dengan spek tersebut CB tungganganku makin ngacir.

Lumayan buat bisa melawan ninja.

thanks buat bro aditya atas artikelnya

44 comments on “CB 100 korekan

  1. assalamualaikum.cb mania se indonesia,
    boz gu mo nanya nh…??
    gw ad cb 100 dirmh tp barang yua dah gw acak”…
    kmrin ru ja bza yala lag eh tapi nembak” mlu…
    gw cek busi gpp…??
    gw cek karbu yua gpp…
    gw cek blok ad yang bocor pa engga eh ga ad jg…
    knalpot yua mungkin ga bozz..???
    ap ap yua gtu….//???
    gw udah abiz 1/2 juta nh…

  2. Asalamualaikum
    CB MANIA
    Aku juga punya motor tua, tapi Honda CG tapi dah aku rombak abis2an mulai dari mesin ampe bodi cuma ninggal no ranka ama no mesin doang trus aku ganti bodi honda cb 100 yg emut2 …hehehe
    Maklum nurutin motor baru2 kagak da abisnya pa lg pabrikan motor sekarang cuma jual bodi motor doang.
    Maklum pngen ngalahin motor ninja ama scorpio.
    Mesin dh aku ganti pake buring cop scorpio trus skalian ama jeroanya ama bandul CG biar mantap , dulunya sih pengen dikasih jeroan CRV, tapi gak lah ntar takut kekencengen wus…wus… Gubraxx & dah aku stroce 6,5mm
    Trus di kasih gigi transmisi pnya tigi & pengkabutan BBM aku pake karbu NSR SP PE 28, biar larinya maknyus…
    Salam CB MANIA alias ROWO ( ROGO TUWO)
    From:Nur Qojin anak Purwodadi

  3. bro punya gambarnya bandul CG sm bandul CB g? pengen tau bedanya,jadi klo mau beli di pasar loak g ditipu?kamcia bro

  4. Halo mas,aQ mau tanya negh..
    Kalo mau nyari CB yg murah dmn ya?

    Oya,kenapa gak pake mesin thunder 250cc sekalian biar tambah maknyos gandos?
    Kan dah langsung mantap tu lari motornya..

    Tolong balesannya ya mas….

  5. w adit,klo bli mtor cb.100 yg murah di mna ya….w soal nya ge nyari,wa tunggu jwaban nya di,..adit0boys@yahoo.co.id.trimz..

  6. salam LESTARI!bro smuanya..tolong bantuin aku gimana caranya pasang magnet tiger ke honda cb?aku punya cb100 warisan kakekku dan honda tiger warisan ayahku..bisakah digabungkan di jadikan satu di honda cb tanpa merubah no seri mesin cb100ku?soalnya aku lebih tertarik body cb100 yang imutdaripada tiger 2000..trims smuanya, balasan di tunggu ke email : wahid434@gmail.com

    nb: cbku dah ganti cdi dengan pulser aku pasang di bandul

  7. salam sayang cb mania.
    aku di purwokerto
    aku punya honda cg125 taon 1976 mesin lom di obrak abrik tapi ga bisa lari,gimana ya caranya biar bisa nyalip tiger new ,mesti habis berapa buit ya?bagi infonya dong makasih sebelomnya

  8. pak/mas,bisa minta tolong,….cmn mo nanya,.. seher scorpio bisa ga’ di pasang di gl 100 dengan stang & pen standard ? klu ga bisa kira2 gimana cara ngakalinya ? tapi ngakalin yang aman untuk harian,..pasalnya q butuh power gede,awet,ga habis banyak ,..

  9. jiah. bedon amat pake krukas cg terus d stroke up
    mending pake krukas ex tiger.
    piston satria f itu 62mm

  10. korekan mtr gl 100 gmna ksh tau dong
    gw pnya nih
    mtr gw pngen knceng heheheheh………..
    mks

  11. om salam kenal..
    saya punya motor cb 125 th 73.
    kalo cari seperpat untuk motor yang ori di manaya yang komplit & murah…..

  12. bro yang punya CB yang pengen enak n biar ga pusing mikirin pengapian n speed emank itu permasalahan motor tua,tapi jangan kewatir sekarang udah teknologi canggih.kirim permasalah anda ke hilangbayang@yahoo.co.id mudah2an bisa bantu permasalahan anda

  13. salam gua punya gl 100 thn 95, udh ganti seher pake gl pro. trus kl d geber full gas sk berebet, carbu udh pake gl pro, knp ????…

  14. halo salam kenal.aq punya cb 100,blok kop nya punya gl pro,seker punya tiger oversize 200,klep punya gl pro platina,karbu gl pro,,,yang saya tanyakan apakah spek tu da co2k untuk cb,trs kenpa getarannya agak besar yah,,mohon balasannya yah,btw saya dari madura

  15. lam kenal
    wa dari cirebon
    wa mau crita mtr cb wa dah diorek,ganti karbo,sisa kerangka dah.
    tapi kayanya baru ampe 145 doang
    gimana nih wa dah abis 4 jt buat cb kesayangan wa
    kl di sn ampe 190 berapa duit………..???????

    • 4,5jj cukup tuk xmpe 220km/jm
      carax mdh prthnkan magnet orsi CB, pke cdi RC ,karbu 28mm,
      stroke naekkan 9mm, furing n head tiger komplit stndard, setting gear yg cocok,
      cukup untuk jarak 600m dah dpt kcptn 220km/jm
      udah gw buktiin di jypura bro..
      CB Brrr….

  16. hai Bro’s…..
    lam kenal.
    Gw lagi cari CB neh, trus bengkel khusus cb dekat Gresik dimana ya?
    Makasih.

    salut buat cb mania

  17. lam kenal,w jg pnya mtor cb thn 78, jeroan dah GL 100,tp kluar oli dr silinder head,knp ya?????

  18. om, aku punya CB 100 tahun 78, masih pakai platina..kalo di starter kadang mental,,kenapa ya??

    makasih

  19. hay all….

    ada gl 200cc lari mpe 200km/jam lbh??? naik mercy kali…hihihi

    ngetes pke mazda??? mazda mana tuh?? di jalan surga ta???

    speedonya km/hari kali…wkawkawaka

  20. Bravo CB mania, Bro gw pgn tau katanya pulser Kawasaki Binter Joy bgs Buat CB y?? nah kbetulan gw blm tau gmn wujud pulser tersebut. bs ksh liat k gw
    bro

  21. bro CBnya boleh juga…
    salam kenal…
    kami disini juga punya CB tapi speknya beda dikit coz kita orang asli Nganjuk (jawa timur)

    adopsi mesin itu maksudnya full satria F atau cuma blok-head cylinder???

    soalnya saya bingung aja….

    trus kruk as nya standar apa udah naik stroke???
    klo naik, naik brapa mm???

    thanks before…
    bravo CB mania…

  22. bro aditya, ada yang lupa diulas nih.
    gimana dengan karbunya? karena peranti satu ini ternyata banyak pengaruhnya terhadap ngacirnya motor kita
    tq

  23. numpang lewat bang
    buat yang demen modif. 3 desain baru honda absolute revo dan 1 bikinan AHM.
    klik; oto2.wordpress.com

  24. Woi bro apa kabar semuanya nih?
    bro yg paling ahli pada mesin q mw nanya nih, motor q kan GL-Max 105 cc, nah pas kemaren q akalin buat ganti blok tiger 196cc, ternyata bisa trus pas q tes speednya ternyata motor q pada gigi 4 sanggup naek 183km/h, q ngetesnya ama mobil mazda, eh pas aq oper gigi 5 naek 203km/h trus gk lama motor q ngejem pas gas d tangan q baru setengah putaran! trus sampe d rumah langsung q bongkar motor q ternyata yg q temukan adalah piston yang jebol dan klep minyak yang putus, kira2 menurut para master di sini apakah yang menyebabkan putusnya klep minyak pada motor q tersebut? ( sparepart yg d pake asli AHM ) Tolong d bales ngebuts y ke sini sama ke e-mail q ok! atas bantuannya thank’s yaw!!!!!!

  25. Bisa kasih perkiraan utk 4000 rpm di motor bebek honda 125 cc diperoleh pada kecepatan berapa?
    Misal gigi 1 pd kecepatan berapa,gigi 2 pd kecepatan berapa,gigi 3 pd kecepatan berapa dan gigi 4 pd kecepatan berapa?
    Thanks

  26. wah bapak ini, merendah diri…. setau saya motor cb 100 ini mah udah spek drag kaleeee…. yakin itu seher satria f150? bukannya scorpio??

    weleh, weleh..

  27. selamat tahun baru juga om AHASS BINTANG MOTOR
    Langsung aja yach……..
    motorku honda supra x 125,belum ada setahun sudah 3x kolter dan 2x sok bureng kembali ke std, tapi tetap ngebul…selama perbaikan kubawa ke bengkel ahass…. tetapi tetap ngebul…
    yang aku tanyakan :
    -Apa penyebabnya sehingga bisa begitu?
    -Apa solusinya supaya motor saya bisa kembali
    normal?
    -Masih bisa diperbaik atau ada komponen lain yang
    harus diganti….?
    -tolong beri saya solusi yang tepat karena saya
    sudah cinta banget sama motor saya……..trims

  28. Salam mekanik ….brummmm
    Langsung saja ya, aku pingin sekali punya kaos team BRT.. ya itung-itung buat promosi bengkel ku , biar makin pede he he, itu p[un kalo ada

    • gimana pak cara bikin terang lampu gl100 pake ceren asli magnit asli dop 12/55 lebih spesifik untuk bagaimana cara untuk gulung spul tolong dibalas lewat emailku juga?

Komentar ditutup.