Korek Motor Yang Benar


Berikut ini kami mencoba berbagi ilmu utk korek harian;
Sebelum melakukan modifikasi engine motor sebaiknya kita tentukan beberapa hal yang merupakan tujuan akhir dari modif tersebut.
1. Untuk harian atau balap?
2. Bahan Bakar yang bakal digunakan?
=================================
Kalo untuk harian disarankan menggunakan maksimal bahan bakar pertamax plus.
beberapa teknik sesuai urutan yang paling sederhana dilakukan adalah sbb:

  1. Mengganti cdi utk korek harian, tapi harus memilih yang berbasis digital dan bergaransi.. rekomendasi merek brt hyperband atau neo hyperband,
  2. neo-hyperband-s

  3. Mengganti knalpot, racing harian.. klu tdk suka berisik pakai yang tipe silent ada beberapa merek seperti password atau elmer.
  4. Menaikan sedikit kompresi rasio umunya 9,2:1 bisa dengan mengganti gasker blok dengan yang lebih tipis, menggunakan kerta kalender 0.1mm,  sehingga konpresi menajdi 10.1:1, dan masih aman bila menggunakan premium tapi disarnakan pakai pertamax,
  5. Melakukan porting polish.

disini banyak yang salah mengerti bahwa porting polish bukan sekedar membersihkan kulit jeruk tetapi memperbaiki arah aliran atau flow, memperbaiki sudut setting klep dan mereface klep, rimer karbu.
jangan pernah memperbesar lubang isap dan buang karena akan membuat bensin jadi boros dan tarikan bawah jelek sekali, malah kadang2 ada beberapa motor yang lubang isapnya minta diperkecil contohnya satria 150f,
teknik ini sedikit sulit dilakukan.. tapi hasilnya akselerasi dan top speed bagus sekali dan irit bahan bakar…

porting1porting2

untuk porting rekomendasi di Ahass Bintangmotor Cibinong, dijamin pasti Siip hasilnya… jasa porting 350rb, tapi yang penting motor tdk dibuat coba-coba.
klu mau keren lagi pakai test Dyno 300rb.

76 comments on “Korek Motor Yang Benar

  1. saya punya motor buatan cina (mirip honda supra lama), tiap 3 bulan sekali pasti boring atau ganti piston (sudah 2 tahun). padahal saya sudah pakai part asli bahkan saya sudah ganti blok. saat ini saya mau boring lagi oversize 0.25. bisa kasih saran atau merk spart yang bagus. untuk piston & ring. kendaraan saya dipakai harian (1 hari jalan kira2 80km) tolong informasikan kesaya dialamat email : irone90@ymail.com. secepatnya

  2. Qw pnya mtor hnda prima thun 90′,,dah dksih kopling manual. biar larinya knceng tp dgn biaya yg sdikit d apain yaaaa?

  3. spda mtor sya VEGA R 110
    spya lrinya bisa sampe 135 KPJ (kilometer per jam) pke piston pa trus,pke seker pa n’ hrus oversize brap…

    kira” hbisnya brapa rupiah yahh…

  4. hallo mas ahass,aku mau nanya motorku supra x 125d th2005 knp klo turun gigi rendah jd berat klo di gas lg,gir pke 15-40,n klo ngerem terasa stang kaya mau lepas mohon pencerahan nya ya bro ahass thanks

  5. q mo tanya nie…motorQ supra X 125 dan q pngin motorQ kenceng. gmana caranya? trus terang q blom apa2in mtorQ. ya pling gk buat nantang motor2 d jlan2 bisa lah…sperti scorpio ato tiger coz uangQ limited. he…he…

  6. saya mau tanya, motor saya suzuki shogun 110.
    bagi2 tipsnya donk biar motor saya jadi tambanh kenceng.
    soalnya saya udah pake CDI BRT NeoHyperband, karbu Mikuni 26, piston standart oversize 100, coil standat asli bawaan pabrik, knalpot racing buatan sendiri, klep masih standat, noken as juga masih standart.
    tapi motor saya masih lambat di putaran bawahnya, setiap seminggu sekali saya harus ganti busi, mesin motor cepet bgt panas.
    apakah pengapian saya yang kurang pas atau setingan karbu saya atau yang laen gitu om??
    kalau karbunya yang mesti di ganti, jadi karbu apa yang cocok buat motor saya dan berapa ukuran main jet dan pilot jetnya om??

    tolong ya om kasih masukannya apa yang perlu saya ubah.
    makasih

    kalau bisa blz ke e-mail saya saja rio_inuk@yahoo.com

  7. mas mtrku andrian mtrku kok sering kena stang sehernya kenapa mas?
    sekarang lagi di bongkar ama juned,dibwh

  8. gw mw ksh spekan mtor kharisma gw nh ..

    piston : scorpio oversize 25
    klep : toyota camry
    per klep : buatan jepang
    karburator : keihin PE 28 / nsr SP
    manifold : koso
    CDI : rextor
    knalpot : AHAU motor
    rasio : 1,3,4
    gir : 17/28
    per kopling : KRT + ring almunium
    bahan bakar : bensol
    stroke : cuma naek 3mm
    koil : blue thunder
    busi : NGK iridium
    camshaft : buatan sndri
    prnah juara 1 FFA ( free for all ) ..
    prnah jg trhn ma ninja 150r korekan..

    tapi klo ad yg mw lamar silahkan saja ..
    min di atas 10jt ..hehe

  9. kakak tolong kasih tau donk cara ngorek motor revo honda ala bengkel AHASS trus bagian dalam mtr apa aja yang harus di ganti biar lari kenceng and akselerasi mantap……. tolong y kakak tolong juga cepet kasih jawabannya ya klo perlu di kirim ke e-mail aku ya kakak….please!

  10. Wah kayaknya blh di coba nich kiat2 dari AHASS dari pd asal korek malah bikin motor g ada tarikannya mending kita blh cba nich………

    • klo motor loe pengen kenceng ganti tuh seher nya pake tiger oversize 2.00,,klep in pake 32mm out pake 28mm,,jgn lupa per klep nya pake yg merk jepang klo pengen rada enak larinya,,trus masalah pengapian cdi nya pake brt i-max 24 step,,koil pake yz 125,trus knalpot biar agak nyentring pake ahau spek drag ,klo pengen enak dalam pengoperan gigi ganti gear box nya sekalian hhaha,,pengen lebih kenceng lagi naikin stroke nya jadi cukup 5mm jja,,klo permasalahan noken as itu gimana settingan mekanik loe ama trek yg suka di pake ama loe balapan ato gag beli noken as yg sudah jadi merk nya kawahara,,iiah itu mungkin masukan dari gw,,

  11. wah……..gw ribet banget mo ngorek motor gw yg cs1….
    kalou ganti karbunya berpengaruh ga pada speedometer…?
    dmn sih tempat ngorek yg jitu?
    kalou di pnd sih jarang ada bengkel korekkan…
    lamun ges tarik balap lah jeung urang di sentul……oke tong poho siahhhhh…….!!!!

  12. menurut saya korekan anda belum begitu bagus buat saya. coba di riset sekali lagi agar lebih muantebbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….!

  13. wah2… gw melihat di sini banyak yang ngaku2 bisa nyeting mootor biar kencang, tapi menurut gw semuanya kebanyakan omong kosong doang, kalo lo2.. pada pengen bikin kenceng tu lari motor mendingan pelajari dulu system enginenya seperti cooling system, lubrication system setelah itu pelajari system pengapian n bahan bakarnya. andai elo2 bisa datang ke tempat gw pasti gw ajari bagai mana nyeting motor biar kenceng, gw bkan angkuh tapi gw kasian banget ma kamu2 yang haus akan kecepatan tinggi, ilmu yang gw punya gw dapat sewaktu training di CATERPILLAR n sekarang gw masih kerja untuk produc tsb, gw banyak tau ttg setingan di motogp karena motogp system banyak yang sama dengan teknologi di CAT, jadi kalo lo pengen tau gimana cara seting motor biar kencang n tanpa jebol lo2 bisa tanya ke gw lewat forum ini, ni sedikit saran dasri gw buat lo2 semua kalo pengen belajar setting motor :
    1. pelajari perhitungan torque ratio inner n out put ratio
    2. pelajari gimana cara menghitung Horse Power
    3. pelajari system enggaged pada plate n disk coupling
    4. pelajari gimana cara menciptakan gaya inersia pd motor
    5. pelajari system droop let
    6. pelajari TCS system
    7. pelajari system electrick electronic countrol
    8. pelajari piskositas oli
    9. gimana cara menaikkan oktan bahan bakar tanpa glowing
    10. pelajari gimana cara menaikkan kompresi aman

    semua yang gw saranin di atas mempunyai rumus perhitungan pasti, jadi jangan pernah menyetting motor anda tanpa memiliki ilmu di atas karena anda tidak akan pernah puas dengan hasil akselerasi, deselerasi, torque awal speed n torque ahir speed pada motor anda. jika ingin belajar lo2 bisa tanya ke gw karena gw tidak pernah pelit ilmu kepada mereka yang mua belajar n maju.

    • nah kalau ada yg begini keta semua jadi melek
      bahwa semus itu ada ilmunya.
      Tapi kita juga harus akui para mekanik yang nggak pernah sekolah.tapi mampu menghasilkan karya yg memuaskan.
      tentu harus melalui proses yg panjang dan segudang pengalaman.

    • salam kenal mas gerry..
      w pake revo100 dah 1thn neh.. belakangan mesinnya bunyi kasar kya bengung gtu.. kenapa bs bunyi gtu? menurut ente rusak apanya boss?? Di wilayah Jaksel Ahass mana yg bagus? Gw tinggal di xbata. Thx

    • Wah hbt donk,..mau minta pencerahannya nih,aq pya jupie z cw thn07.pk cdi brt neo hyperband,piston std,karbt std,knalpot std,cuman gear sy gnti 15/34.pgnnya sih mau ngejar top speed.dicoba mpe gas abis djln lrus,mentok 100km/jm,ko g naik2 yah,kan udh gnti cdi,ma busi tdr balistik.aq pgn korek harian aj,g usah extrem,ya buat pp 350km dr bjm ke buntok.dtgu ya saranya,thanks bgt,kalau g repot krm ke email(fauzan_maya@yahoo.com)

  14. Asalamualaikum,di mana kt bsa mendapatkan tulisan tentang ilmu mekanik,tentang perbaikan dan komponen tentang mesin,trims

  15. bos mtr gw supra fit 2004…..
    gmn bsa mtr gw djdiin knceng….klu bsa nglahin mtr fu stndar…..
    ap aj yg mo dirubah….???
    trus cdi ap yg mo dpke???
    klep ap yg mo dgnti??
    krbu ap yg ccok?
    knlpot ap yg ccok?
    trus kem papas brpa mm????

  16. motor ku kharisma 2003, udah ganti cdi BRT yang 20 step,head di porting di BRT,kem juga dari BRT, knalpot standar(pakai punya Spra x 125 terbaru), piston dan blok ganti baru ukuran oversize “0”. pertanyaan ku, kenapa larinya motorku gak berubah karakternya, malahan saat ku coba tes dengan motor kharisma 2003 (punya temanku, kondisinya standar) lebih kencang dia.
    Apa yang harus saya lakukan pada motor saya agar nampak lebih baik tenaganya?

  17. bos g bngkel rumahan nhe g pnya mtor crypton Bour up nhe smlem g bis klah Sma supra 125 Bour Up nih kra2 g harius gnti CDI BRT gak. mslah’a w msih pke sndarand CDI,mHon d BlZ….Hrmat say PWGASKIN Speed…

  18. kalo pengen motor enteng,lari kenceng gampang.ga usah ganti apa2 deh dijamin.paketin aja motor pake pesawat dijamin kenceng bngt jogja jakarta cm 1 jam doank,

  19. kalau revo100, kayaknya justru dari jawa timur yang lumayan; beberapa kali dapat nomor tuh di OMR, cuma memang tempatnya jauh;
    kalau memang berminat, saya pernah dapat nomor kontaknya,
    sumber motor racing team, dengan hari di 08884059988

  20. boss, kalo korek harian di brt (termasuk paket brt stage 1 (kem sama cdi hyperband) bukan cuma polish porting, termasuk ganti gasket blok) berapa ?! (tanpa dynotest). dan kalo dah korek harian di brt tanpa ganti knalpot racing gak berefek buruk apa-apa, khan ?!

    eh iya, motor gw honda blade.

    mohon dijawab, ya boss ?!

  21. gw punya motor rxs 115 pake kelpot kolong ninja gw mau nanya tak masala sama blok & seher nya???

  22. bos…. motor saya supra x 125, knalpot mcc, cdi brt dual band, karbu kotak 26, tapi kenapa tarikannya kurang memuaskan ….

    kira2 apa yang harus saya ganti lagi….
    klw gk saya mau korek motor saya dengan saudara…
    kira2 berapa biaya ya….

    o.. ya ada cenel do palembang gak ???

  23. gmna solusi agar bahan bakar tidak menetes pada saat diparkir, padahal sudah dilakukan penggatian jarum carburetor AHM.
    tks salam kenal Arief .

  24. boz kalo ngorek supra fit new..
    enaknya pke seher apa, brapa kompresi sama oversizenya,
    kira” abis brapa?
    thx.

  25. kalo gw mah emang gak byk duit gw cuma efesienin pembakaran and setting yang pas. trus system pembakaran ikutin cara mobil contek dikit untuk pembuangan hawa kita manfaatin lagi masukin kebox filter. lumayan tiger gue cepet sedikit dan irit lagi he.he.he

  26. wah,belum tentu sama tuh ma yang dijelasin sama jaki.
    gw aja pake BRT hyperband di tiger gwe,top speed nya naik jadi 140km/jam,dari sebelumnya 125km/jam.
    mungkin bro jaki beli CDI yang abal n murah.
    BRT d best dah. :D

  27. mas, saya punya motor honda win tahun 2000 gimana ngorek tapi pemakaian untuk harian, jangan sampai larinya kalah ma motor muda,,,, gitu ?

  28. Ga bener nih ahass nyaranin pake BRT, tuh cdi ga beda performanya ama yg standar, cuma limiternya aja dibuang, lagian buat apa rpm tinggi2 orang udah ga ada tenaganya eh bikin mesin cepet jebol lg, pabrik tuh udah riset sebelum bikin cdi standar bukan ngasal.

    Tipuan yg bikin CDI sok racing itu sama aja dimana mana, kita suruh PnP, ganti koil racing, ganti spuyer, pasang knalpot freeflow dsb supaya power motor kita kliatan nambah banyak dgn nambah CDI mrk, padahal dgn CDI standar juga sama hasilnya klo step2 diatas kita kerjain.

    Pikir pake akal sehat, lebih jago mana bikin kurva pengapian motor antara pabrikan motor yg jelas2 bikin tuh motor sama orang miskin yg cari duit buat makan dgn berpura-pura ngerti kurva pengapian motor yg dia sendiri ga bisa bikin.

    Klo lo smua mau tau cara kerja mrk, mrk itu pake CDI standar pabrik trus dilihat & nyontek timing pengapiannya per rpm trus bikin CDI tiruan dgn komponen kualitas biasa aja & masukin timing contekan itu ke CDI mrk lalu tinggal bungkus yg rapi, kasih merk & kata2 bullshit tentang performance trus jual dech ke org2 bego yg ga ngerti part knowlegde.

    Hari gini masih mau dibodohi…..

    • Comment Anda telah di jawab oleh motogp di http://ahass.wordpress.com/brt/#comment-4254

      waduh ini bapak, bicaranya negatif banget, mungkin ada pengalaman buruk dengan cdi produk aftermarket racing-racingan… mungkin saya bisa bantu menjelaskan…
      klu mengenai kurva pengapian yang cdi brt emang berbeda dengan cdi racing yang ada dipasar dan merek lain ; hal in yang memebuat berbeda dengan cdi merek lain, oleh sebab itu saya pikir anda tidak salah berpikiran dengan negatif; karena utk elektronik memang banyak yang bohong tapi tidak semua.. apalagi brt; karena kami udah diregister oleh Philips semiconductor. jadi tidak semua sama…… saya sendiri suka kesel ama merek lain yang kampungan dan membodohi konsumen…

      Salam

      Tomy Huang
      ———-

    • yup bener bang, cdi racing tu ama aja bunuh diri, cdi standar emang udah di set ama pabrikan agar smua part jadi awet, so percuma pk cdi racing tp tiap bulan ganti part…pgn kenceng ganti motor aja…
      beli hayabusa xexexe

  29. klo motor slain honda bsa porting d stu??????

    motor sy jupiter z pke CDI BRT Dual Band,,,,,,

    klo ongkos korek portingnya brp???????

  30. sya menggunakan supra x 100……..
    bisa gak menggunakan cdi brt….bukankah supra x pengapiannya AC??

  31. buat para bro yg pengen korek motornye biar ngacir,..ganti aja piston ama piston racing mis .dll.(thailand made. jujur aja produksi negara tetangga lebih bagus mutunye jd fair harga berbanding lurus dengan qualitas ga kayak bikinan ahm mahal doank mutu kurang bagus)….jangan lupa bearing di kruk as ganti juga dengan yg super speed(11 baller),kabel busi ganti racing,karburator setup ampe maximal,faktor penunjang oli harap diperhatikan
    saran pake enduro racing udah lumayan..syukur2 repsol apa motul,nah cdi di jumper aja biar ga ada limiter …klo itu semua udah terpenuhi ane jamin moter para bro sekalian udah ngacir dr yg bisa larinya 80kpj bisa jadi 120kpj…heheheh mang kenceng2 pada mau kemana yaaak

    • Gimana nih orang kok bangga2in part bikinan tetangga. Jelas2 INDONESIA yg jadi acuan untuk bikin kenceng bebek 4tak…!

    • iya ni pada dikorek motor na…
      emg mau pada kemana? macet mas sekarang…
      yang ada ntar you pada nyium aspal..

  32. mbelgedezzzzzzzz.itu mah bukan korekan.itu ganti sparepart biar barang ditoko ente laku…jangan bodohi rakyat,klo mang ga tau cara bikin kenceng motor dr optimalkan mesin yg udah ada ga usah sesatkan rakyat.

  33. Mtr Q Star th 93. Kalo biar larinya oke diapain aja ya? Soalnya cuma mentok 80km/jam…. Jd klo d jalan motor Q kliatan plg lemot…

  34. bagaimana cara korek untuk balap motor supra fit 2005?kalo dikira-kira abis berapa ya????????????????????dan apa aja yang harus di ganti??n knalpot apa yang bagusss??

  35. q mo tnya jhe, q mo gnti karbu honda kharisma dg karbu rx king.n cdi shogun kebo.kira2 masuk g?? trus klo bleh minta saran enakx gmn??

    ohya,knalpotx dah q gnti pnx shogunR trus piston oversize 50.
    thaks y.

  36. gue pemakai abs. revo 110 dx,
    kira2 untuk korek harian dengan memakai point teknik korekan diatas. kira2 abis berapa ?
    apakah cdi brt yg disarankan cocok untuk revo 110 ini ?
    knalpot standar aja tapi di korek dengan pas !.
    gue ada pertanyaan untuk ahass, pemakaian baru 350-an km, ada bunyi klek di mesin, saat mesin di gas pada posisi netral dan gas turun bunyi klek tersebut sering muncul, sangat menjengkelkan. pas di servis pertama memang hilang, tapi setelah memakai motor tersebut baru 20 km bunyi klek muncul kembali, ada apa dengan mesin revo 110 tersebut, gue takut ada apa2 sebelum servis 2000km nanti ?.

  37. Klo cma ganti cdi,n yg lainy msh standr,besar g pngaruhny thd power n top speed..
    Biasany brp pngktn hp n top spedna..
    Mtor gw smash 2008
    Plizz jwb

  38. Bos motor ane gl pro th 94,baru turun mesin seher d ganti pake mega,tapi motor ane masih ada suara berisik di mesin ane sampe puyeng bos.noken as udah di papas.thank

  39. motor sya karisma-x 125, udh dbwt korek harian. cmn yg br dkorek cmn karbu sm in-out-nya aj. tp msh krg kenceng. klu mo di upgrade lg, Qra2 ap aj yg hrs dlakuin, abz dna brp?
    klu dSemarang bengkel yg bgs dmn?

    • Porting polish pada intake & exhaust manifold, kalo saluran2 ini diperbaiki, pembakaran lebih bagus sehingga power motor bertambah.
      sorry bro, untuk sementara blm ada bengkel rekanan di semarang…

  40. nih mo numpang nanya,q kan pnya motor supra 97 .supaya kenceng larinya tp jg enek buat harian,gimana caranya………………………..???makasih

    • mau larinya mantep bro… bisa dilakukan porting polish (perbaikan di saluran2 masuk & buang) dibagian head cylinder, ganti CDI Racing (paling top CDI BRT), aman buat sehari-hari….

    • ente coba cari karbu honda win yang sekonan asli, tp masangnya wajib pake filter kalo engga bisa ngebrebet.

      pake oli yang SAE 5-50, mrk bisa apa dan SAE 0-50.
      jangan pake oli dibawah SAE ini, pengalaman templar ama noken as jd botak alias terkikis kantong jeblok ampe 500rebong, karet kopling buyar di dalem.

      cdi syaratx masih ok untuk pengapian,

      motor supra fit 2005 ana yang 100cc bisa tembus 125 kpj.

      ni oli rata-rata harganya diatas 40an, tp ga akan rugi ana udh cba performanya, jogja-cisarua bogor 1bulan bolak-balik ga ganti oli performa tetep ok

  41. Motor gw karisma, mesin std, pake knalpot std supra xx 125, pake CDI BRT Hyperband..klo mau korek harian brp biayanya ya..please reply, PM juga boleh…thanks ya

  42. wah tertarik nih
    kalo buat motor CS1 berapa biayanya nih?
    biasa ko service di AHASS Bintang Cibinong

Komentar ditutup.