Cara gampang Motor Honda Awet!


1. Servis Rutin
Setiap 2 bulan atau 2000 kilometer (tergantung mana yang lebih dulu di capai), hal itu tentu sangat penting mengingat kita tidak memiliki peralatan yang secanggih bengkel favorit kita, disarankan ke bengkel Ahass, karena item pemeriksaan lebih detail bergaransi, klo soal harga nggak mahal koq, dari pada buka-buka sendiri di rumah dengan kunci-kunci yang kurang pas dengan baut/murnya, bisa-bisa malah ada yang aus/seleg, wah bisa berabe, ujung-ujungnya malah ngeluarin duit lebih banyak lagi buat betulinnya.

2. Cuci motor anda!
Cuci sendiri / steam juga boleh, lakukan dengan rutin, setiap motor kita kucel, berdebu, sebaiknya bikin motor tungganngan kita selalu bersih, karena motor yang jorok berbeda rasanya waktu dinaiki dengan motor yang keadaannya bersih, betul nggak?

3. Periksa dan pastikan Oli tidak pernah telat ganti
Masa ganti oli sama dengan waktu servis, 2000km/2bln, Oli adalah bagian dari mesin yang tidak bisa di hindarkan pemeriksaan rutinnya.

4. Adakah rembesan-rembesan oli di bawah mesin anda!
Periksa, karena kalo ditemukan oli anda akan berkurang, akibatnya kapasitas oli tidak sesuai dan mesin akan cepat panas serta beberapa komponen mesin akan cepat aus, selanjutnya hal-hal yang terjadi adalah ;

  • Knalpot keluar asap putih
  • Suara mesin kasar
  • Tarikan motor berat
  • Nggak enak dech pokonya….

wuih… ngeri kan? kalo dah gitu kita jadi ngrogoh dompet dech dan habisnya ratusan ribu buat betulinnya!

5. Rante jangan dibiarkan kering
Kalo rante roda kering, cepet-cepet lumasin pake oli yang SAE-nya 80-90 kalo terlalu encer, maka akan cepet kering lagi, kalo sering kekeringan rante cepet melar, akibatnya sering kendor dan harus sering-sering disetel trus nggak lama minta ganti dech… tapi kalo rutin ngecek dan lumasin rante, dijamin awet!

6. Panaskan mesin 2 – 3 menit saja
Kebanyakan bikers penunggang honda kalo manasin mesin bisa sampe 10-15 menit, perlu diketahui bahwa itu adalah cara yang TIDAK TEPAT alias SALAH!, kenapa? sebab ada beberapa hal akibat dari cara yang salah itu antara lain;

  • Mesin cepat panas – karena pada kondisi mesin diam, mesin tidak mendapatkan sirkulasi udara yang maksimal dan karena RPM mesin kecil sehingga sirkulasi pelumasan dari ruang mesin bawah ke blok mesin atas kurang maksimal, sehingga bagian mesin atas akan cepat mengalami overheating (kepanasan), berbeda pada saat kondisi jalan, ada udara yang secara paksa mengipasin mesin, jadi mesin mendapatkan sirkulasi udara secara maksimal serta RPM yang tinggi membuat mesin mendapatkan pelumasan yang lebih sempurna.
  • Bensin boros – karena pada saat manasin mesin kondisinya berhenti maka campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang, bensin lebih banyak masuk keruangan pembakaran sedangkan udara lebih sedikit, akibatnya campuran menjadi kaya sehingga apabila di cek businya akan kelihatan kehitam-hitaman, hal ini tandanya bahan bakar yang di konsumsi oleh mesin terlalu banyak alias boros.

Jadi kalo manasin mesin motor honda anda sebelum ditunggangi paling lama 3 menit saja. di jamin mesin awet!

7. Gunakan HGP (Honda Genuine Parts)
Spare part lain tidak menjamin kualitasnya, tapi Honda Genuine Parts berani bicara, apalagi sekarang HGP sudah mengeluarkan Spare Parts Honda yang BERGARANSI! untuk informasi hubungi ahass-ahass terdekat di kota Jawa Barat, karena Spare part yang bergaransi tersebut itemnya terbatas.

Okey, mungkin masih banyak lagi tips-tips lain yang bikin motor honda bikers awet, kalo ada yang mau nambahin boleh saja, silahkan kirim commentsnya ditunggu.