Tekhnologi Honda Indonesia yang canggih


Berikut ini saya jelaskan beberapa tekhnolgi unggulan yang di pakai Sepeda Motor Honda ;

  1. CECS (Crankcase Emission Control System)

    cecs.jpg

    1. Menekan emisi gas buang dari udara pernapasan mesin dengan menyalurkannya kembali ke saringan udara sehingga menjadi udara yang hangat dan kembali masuk ke dalam ruang pembakaran melalui karburator sehingga pembakaran menjadi lebih mudah dan ramah lingkungan
    2. Semua tipe Motor Honda menggunakannya
  2. ADS (Auto Decompression System)
    1. Kemudahan menstater motor dengan menggunakan kick stater (selahan kaki) dikarenakan pada saat mesin dimatikan, secara otomatis kompresi di dalam ruang cylinder di perkecil, sehingga pada saat mesin dihidupkan dengan di selah, akan terasa ringan
    2. Dipakai pada semua tipe Bebek.
  3. SASS (Secondary Air Suplay System)

    sass2.jpg

    1. Tekhnologi yang mengatur penyemprotan udara bersih (O2) kedalam saluran buang “exhaust port” agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran ( CO & HC ) menjadi gas CO2 dan H2O yang tidak berbahaya dan memenuhi standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga motor Honda sangat ramah lingkungan
    2. Tekhnologi ini menempatkan Honda Supra X 125, sebagai pelopor sepeda motor ramah lingkungan di dunia, yang cukup menggunakan bensin premium yang tersedia di SPBU di manapun juga
    3. Di pakai pada tipe motor ; Supra X 125, New Mega Pro, New Tiger, Vario
  4. TSS (Throtle switch system)

    tss.jpg

    1. Switch yang dipasang pada karburator, yang berhubungan dengan CDI Unit, yang fungsinya memberikan sinyal ke CDI dengan tujuan menyempurnakan proses pembakaran pada putaran mesin menengah dan tinggi, hal ini menyebabkan penghematan bahan bakar.
    2. Dipakai pada tipe ; Karisma, Supra X 125
  5. EPBS (External Primary Brake System)

    epbs.jpg

    1. Di pasang pada Kopling Ganda dengan tujuan untuk memperhalus perpindahan gigi pada saat start.
  6. Molybdenum Piston

    piston.jpg

    1. Piston yang di lapisi bahan molybdenum, membuat pergerakan piston lebih lancar dan suara mesin yang halus, serta piston lebih awet
    2. Tipe motor Karisma, Supra X 125, Vario
  7. Roller rocker arm

    roker-arm.jpg

    1. Sepeda Motor pertama di Indonesia yang menggunakan tekhnologi ini ada lah Honda
    2. Rocker Arm dimana bagian yang bergesekan langsung dengan noken as berupa Roller/bearing, sehingga pergerakan rocker arm lebih ringan, suara mesin lebih halus dan menghindari terjadinya keausan, serta dapat menghemat bahan bakar.
    3. Tipe motor Karisma, Supra X 125, Vario
  8. Crank case offset

    offset.jpg

    1. Crank shaft di desain untuk menguragi kerugian gesekan (friction loss) antara piston denan dinding silinder sehingga tenaga lebih optimal
  9. Secure Key Shutter

    kk.jpg

    1. Sistem penguncian dilengkapi dengan cover bermagnet sebagai pelindung lubang kunci kontak (ignition key).
    2. Kunci pengaman ganda lebih melindungi kendaraan dari pencurian
    3. Tipe Motor ; Supra X 125, Revo, Vario, New Mega Pro, New Tiger

Tentunya masih banyak lagi tekhnologi yang di pakai oleh Honda yang belum saya sebutkan, harapan saya masyarkay pemakai Honda memahami betul dan tahu bagaimana memanfaatkan tekhnologi yang ada.

Iklan

38 comments on “Tekhnologi Honda Indonesia yang canggih

  1. Zakky :

    00Rate This

    PDRTJS_settings_106209_comm_5405 = {
    “id” : “106209”,
    “unique_id” : “wp-comment-5405”,
    “title” : “Q+pnya+mtor+Prima+kluaran+thun+90-an%2C+top+speed+nya+rata2+cma+90-95+n+udh+pke+kopling+manual.+gmn+ya+biar+mtor+sya+ni+bsa+lbih+cepet%3F…”,
    “item_id” : “_comm_5405”,
    “permalink” : “http%3A%2F%2Fahass.net%2F2007%2F08%2F14%2Ftekhnologi%2F%23comment-5405”
    }
    Q pnya mtor Prima kluaran thun 90-an, top speed nya rata2 cma 90-95 n udh pke kopling manual. gmn ya biar mtor sya ni bsa lbih cepet? bsa dbles ke reggaemania20@yahoo.co.id

  2. Q pnya mtor Prima kluaran thun 90-an, top speed nya rata2 cma 90-95 n udh pke kopling manual. gmn ya biar mtor sya ni bsa lbih cepet?

  3. Halo ahm , ahass dengar keluhan dan jawab pertanyaan pelangganmu yang merasa tertipu ini kenapa honda bladeku cuma mentok di 95 km/jam di trek lurus padahal ccnyakan 110 bahkan pernah saya test dengan honda prima std (th 1990) milik kakeku bladeku tidak bisa ngejar dan selalu diasapi oleh honda prima std (th 1990) milik kakekku apa ada masalah dengan bladeku padahal selalu service di ahass jawab dong kisah nyata pelanganmu ini

  4. Saya punya honda blade 110r kenapa top speed nya mentok di 95 km/jam itu pun dicapainya agak lama di trek lurus mohon bantuannya

  5. gni bro gue pnya mtr supra 125 nich!! gmna klw gue gnti busi nya sama busi racing ngaruh gak? trus apa efek nya ngerusak atu nambah cepet?

  6. klo supra x 125 q tak ganti karbu GL MAX kira2 kecepatan nya nambah dg seknifikan ga…????

    truz harga CDI BRT untuk suprax125 brp dan klo d surabaya nyari nya dmn….???

    soket x cdi brt tuh apa tnggal masang ajah…???
    balas d email q… yah…

    aswin.anel@yahoo.com

  7. klo supra x 125 q tak ganti karbu GL MAX kira2 kecepatan nya nambah dg seknifikan ga…????

    truz harga CDI BRT untuk suprax125 brp dan klo d surabaya nyari nya dmn….???

    soket x cdi brt tuh apa tnggal masang ajah…???

  8. aq pnya honda grand…

    klo seker x aq ganti dg seker nya supra x 125 bisa ga..???
    ada efek yg seknifikan ga…???

    • Seher SX125 memiliki diameter yang lebih besar daripada saher astrea grand.. Efek yang ditimbulkan adalah: Ketahanan mesin menjadi berkurang, dan performa yang dihasilkan juga tidak maksimal.

    • Banyak yang menjadikan mesin boros, padahal dengan penyetelan dan pemeliharaan yang baik Honda supra X125 adalah mesin paling irit, tapi bertenaga.

      Oke, saya kasih analisa beberapa kemungkinan yang dapat menjadikan mesin boros:

      1. Penyetelan karburator yang tidak tepat
      2. Ukuran celah klep yang keliru
      3. Busi yang sudah jelek
      4. Ukuran angin ban dibawah standar

      Untuk penyetelan yang tepat dan sesuai standar,sebaiknya pengecekan dilakukan oleh ahlinya… Datanglah ke AHASS langganan anda..

      Trims!!

  9. ko cuma no 1&2 aja yah yg di gunakan di smua jenis motor honda? sedangkan dari no 3 ke bawah cuma supra,karisma sama vario aja yg pake ? itu knapa alasanya ? knapa tipe motor yg laen ga di pasangin? trimakasih. balas ke email kikidago@yahoo.co.id

  10. honda makin lama kek eeq aja.gitar ga smpay 1 bulan dah knk.macam apa to???

    PT.AHM dah kaya mau cpt kaya lgi eeq lah…

    gua sarfan kn kalo mau beli kereta jgn honda lah,,,

    mending beli suzuki ato yahama kek,pasti awet lah…

  11. YO BRO GW PUNYA SUPRA X 125 R . GW MO GANTI CDI BRT DIMANA YA GW BISA KONSUL AME BELI CDI BRT YANG DEKET AJE SOALNYE GW DI JAKARTA TIMUR

  12. CECS (Crankcase Emission Control System)
    CECS (Crankcase Emission Control System)

    cecs.jpg

    menurut saya kurang efektif.
    terbukti waktu ring piston motor honda bebek saya mengalami kerusakan pada ring pistonya, pada saat ring piston mulai aus, dari selang/pipe rubber yg kluar dari crancase keluas asap putih/uap oli yg terbakar akibat keausan ring piston,
    nah dari situ kan di salurkan ke filter udara, otomatis uap oli yg terbakar tadi masuk ke karburator bikin karburator makin kotor &pembakaran jd gk bagus soale uap oli ikut ke bakar, busi jg basah lengket karena oli…

    • Vario terbaru akan Launching akhir Juli ini( kalo sesuai dgn rencana) Namanya Vario CBS Techno.Tunggu saja kehadiran Bintang Matic yang satu ini..

      Revo Absolute menggunakan mesin 110 cc yang handal, irit dan bertenaga. Kalo untuk mesin 125cc kan sudah ada Supra X 125 New yang tersedia juga type Injection.

  13. saya suka banget ama motor honda dr jaman ortu ku muda sampai tua tetep pakai honda trus saya mau tanya sekarang saya pakai supra x 125 trus saya mau pasang radiator variasi yg saya sambung pd sambungan pembuangan mesin ? terima kasih

  14. suprax 125 saya dah tak tes..bensin bisa 1:52-53 tapi persnelling kasar (lebih halus punya new supra fit saya yg lama), tarikan gas agak seret dan tarikan mesin kurang gesit..gimana nih solusinya…

    • -Perseneling bisa di stel supaya lebih enteng, yaitu dari bolt adjusting screw yang ada di blok kopling.
      -Gas seret,bisa diakibatkan dari kabel gas yang sudah rusak atau dari grip gasnya kotor( tinggal dibersihkan).
      -Sedangkan untuk tarikan mesin, apabila kurang gesit bisa diakibatkan beberapa hal,yaitu: kanvas kopling yang sudah aus( ganti setiap 30.000 km), celah klep yang tidak standar( harus di stel sesuai ketentuan),
      Setelan angin karburator yang kurang pas( bisa di stel)

  15. Knp mtr sya bensin pertamax y boros…..

    w da servies tpi sama aj gk ada hasil !!!!
    Tlng gma lgi coba….
    mtor w supra x 125 Injection. . . . .

  16. mengapa supra fit saya berat pada tarikan pertama dan terakhir dan mengapa pada saant sentakan ada bunyi ktreeeek bagian mesin dan kopling nya selalu slif tanks

Komentar ditutup.