Grease… Penting untuk motor Baru Anda!


Anda baru beli motor? syukur kalo iya… berarti rejeki lancar, jangan bilang nggak! tapi belum, siapa tahu sebulan lagi ketiban rejeki bisa beli motor baru, Honda lagi! ^_^
saya sisipkan beberapa tips buat yang baru beli motor baru, demi keamanan motor anda sehingga beberapa komponen penting motor anda awet!

hal ini terasa sepele, namun sangat sering sekali orang lewatkan.
apaan sih, begini loh nggak usah panjang lebar, hal ini saya sampekan dikarenakan sudah berkali-kali kami menemukan kasus-kasus dibengkel Ahass yang dikeluhkan oleh konsumen dan mekanik pada saat bekerja dikarenakan kelalaian yang sepele ini, contoh kasus yang ada adalah ;

  • pada saat penggantian Pad set (red: kanvas rem cakram) pasti 80% orang yang mau mengganti pad set ini mengalami kesulitan saat melakukan bongkar pasang, yang dikarenakan baut-bautnya pada selek(red:ulir aus/dol), buntutnya anda harus bawa tuh kaliper rem cakram ke tukang bubut tuk lepas baut-bautnya dan klo dah gitu kita juga harus ganti tuh baut2 kaliper dech, nah klo gitu kan jatohnya lebih mahal, lha wong niatnya mau ganti pad set koq malah mbredel ganti-ganti yang laennya.
  • trus waktu mau ganti pedal rem(red:injakan rem) blk, waktu mau di copot, wah… susahnya setengah mati… karena as-nya macet, ujung-ujungnya harus di potong dengan gerinda dan harus ganti as standar tengah + standarnya, kan jadi lebih mahal juga.
  • baut-baut pada body motor, klo jarang disentuh, begitu setahun mau ganti body biasanya susahnya juga setengah hidup , musti di pake obeng ketok, yah ko pas ngetoknya, klo nggak kan kena body motornya, malah lebih parah dech, di pahat, apalagi… tapi biasanya cara kuno bengkel umum ya gitu, pake obeng minus yang tajem trus tuh baut yang susah dibuka di pahat aja kearah kiri tuk bukanya.

itu aja dulu dech contoh kecilnya…sebenarnya yang laen juga masih banyak tapi capek juga klo ngetik sebnayak ini, apalagi belum tentu semua mau bacanya.
nih… yang ini yang penting tuk dibaca! kejadian-kejadian diatas, bisa kita cegah, caranya:

  1. semuanya diatas kan disebabkan oleh usia komponen yang cukup lama dan jarang sekali dibuka, makanya jadi berkarat dan saling nempel, kalo motor kondisi baru umumnya baut-baut masih gampang dibuka, makanya buka tuh baut-baut kaliper dengan kunci L, lalu keluarin, nah bagian ulirnya olesin pake grease(red:gemuk), dengan begitu baut nggak bakalan karatan nantinya, setahun kemudian mau ganti pad set, gampang dech! tul nggak?
  2. kalo urusan pedal rem dan as standar tengah, ini juga sama, bongkar dulu tuh komponen di bengkel, dengan cara yang sama oleskan grease pada as standar tengahnya, dijamin 3 tahun juga nggak bakal nempel/karatan.
  3. kalo baut-baut body, anda harus pastikan dulu bahwa pada saat motor kondisi baru, semua baut bisa dikendorin semua, dan sama kasih olesan grease secukupnya.

jadi dalam hal ini, grease berperan penting sekali buat motor anda untuk jangka yang lama, betul tidak?

8 comments on “Grease… Penting untuk motor Baru Anda!

  1. Waduh baru dapet artikel kaya gini pas udah kejadian Baut kapiler disk brake gue ga bisa di buka, alasan orang AHASS udah kelamaan ga pernah di buka, harus di bubud, ach….. padahal udah service rutin masih ada aja kejadian kaya gini….. gimana tanggung jawab AHASS nih

  2. wah kalau baut udah lama susah dilepas tandanya baud-baud di motornya jelek tuh gampang karatan:p Coba baudnya pake stainless steel deh gak bakal karatan he he…

  3. Kalo udah tau kejadian ini sering banget terjadi, kenapa ga dimasukkin sebagai salah satu poin yang harus dilakukan saat servis rutin di AHASS aja?? Apa AHASS sengaja aja, biar kita-kita sebagai konsumen harus keluarin “kocek” yang lebih untuk masalah sepele ini?? kayak AHASS ga gitu kan.. Mohon dipertimbangkan solusi ini.. Terima Kasih

  4. bowo, kayaknya pabrikan sudah melakukan, tapi untuk grease khan di lakukan berkala pada saat komponen sudah mulai kering atau berkarat,

  5. mau dong jadi membernya………
    hehehehe

    pendaftaran diterima….
    selamat bergabung semuanya…!🙂

Komentar ditutup.