Cara kerja sistem bahan bakar honda Karisma


menanggapi pertanyaan dari mas bro Tony sebagai berikut ;

Cara kerja sistem bahan bakar honda kharisma tahun 2003?
Mohon di balas untuk bahan presentasi tugas akhir saya……
thanks banyak

Berikut penjelasan dari saya,
bahan bakar mengalir dari tangki bensin menuju selang dan melalui filter bensin yang fungsinya untuk menyaring kotoran agar tidak ikut masuk kedalam auto choke fuel lalu ke karbuator, dan bensin bisa mengalir menuju karburator bilamana ada hisapan dari selang kecil dari intake manifold menuju auto choke fuel, saat ada hisapan atau langkah hisap oleh piston diruang silinder, klep didalam auto choke fuel membuka dan bensin mengalir menuju karburator melalui selang yang diameternya lebih besar.didalam karburator bensin ditampung, saat isi karburator terisi bensin sesuai kapasitas, maka jarum pelampung menutup saluran bensin.
1. Pada saat langsam, bensin mengalir dari slow jet, sedangkan udara mengalir dari lubang slow air bleed, setelah bercampur menjadi gas menuju ke ruang bakar melalui lubang klep masuk.
2. Pada saat putaran menengah piston valve(skep) bergerak setengah keatas bensin mengalir melalui komponen ; slow jet, main jet & needle jet, sedangkan udara mengalir melalui komponen; slow air bleed, main air bleed, piston valve, jet needle. Kemudian bercampur menjadi gas dan masuk melalui lubang klep masuk menuju ke ruang bakar.
3. Pada saat putaran atas, piston valve bergerak keatas penuh, bensin mengalir melalui komponen; main jet & needle jet, sedangkan udara mengalir melalui komponen; main air bleed dan saluran venture. Lalu bensin dan udara bercampur menjadi gas dan menuju ke ruang bakar melalui klep In.
Demikian terimakasih…

16 comments on “Cara kerja sistem bahan bakar honda Karisma

  1. Saya mau tanya..?saya punya motor kharisma tahun 2003 tetapi motor saya mempunyai penyakit,kalo mesin bunyi tik..tik..tik dan kalo mesin udah panas suara tersebut hilang.tolong solusinya

  2. mas saya punya honda revo..gimana sih cara membuka tutup rantai ketengnya,saya pengen banget belajar,tolong kasih saya panduannya thanks…

  3. saya punya honda revo 100cc gimana sih cara membukanya saya pengen banget belajar,tolong beri panduannya thanks

  4. mau tanya nih motorku honda karisma D 2003
    1. kenapa karbu motor saya dingin dan berembun padahal sudah di setel angin dan bensin, pilot dan main jet masih standar
    2. kenapa kalau karbu saya dingin dan berembun kabel gas saya suka mecet apalagi kalau musin hujan kabel gas suka tidak balik ke semula padahal sudah saya cek kabel dalam kandisi baik-baik saja, moohon bantuannya

  5. mo tanya nih….saya punya H. kharisma 2003,. masalahnya ada pada karburator pada saat hujan dan udara dingin tuh gasnya nggak mo balik…mesti di hentakan dulu baru balik….saya sudah keliling2 website tapi sama aja, semua pengguna HK2003 punya problem yg sama. saya sudah sering bawa kebengkel ahass tapi sama aja…ketika saya tanya ” memang begini pak…!!” tolong dong solusinya, kalau bintang lima paling dekat daerah saya dimana yach? posisi saya di ciledug.
    catatan. motor saya di beli dari baru th 2003 sampai sekarang….thanks ditunggu jawabanya

  6. mesin kalo digas dalam keadaan netral suara mesin bunyi ngeletek.tp kalo da panas bunyi hilang.gw dgrin suara kaya dr seher.kalo klep ga mgkn kan.soalnya kalo panas suara hilang…..gw mnt solusinya donk….?suara dr mane tuh………….thank ya…mohon balasanya dialamatkan ke zulkarjul@yahoo.com

    hal ini bisa terjadi karena sirkulasi oli didalam mesin belum sempurna/menyeluruh kebagian-bagian atas mesin, sehingga gesekan mesin terdengar kasar, dan kondisi ini biasanya terjadi apabila putaran mesin rendah kira2 dibawah 1300RPM, apabila putaran mesin dinaikkan sekitar 1400RPM keatas, maka suara kasar akan lebih cepat hilang.

  7. hyz…
    mm..saya mau tanya…
    1.untuk CDI BRT yang dual Band untuk supra x 125 kuat untuk berapa lama??
    2.untuk menambah pacu mesin supra x 125 standar selain CDI harus di ganti/tambah komponen apa saja??

    Thanks b4..

  8. Karisma udah abis bro, dah dimakan ama Supra X 125, tapi cerita jelasnya saya kurang tahu. Kalau merujuk ke Honda Thailand : Wave (Supra X), Wave 125 (Karisma dan Supra X 125) dan Wave-i (Supra X PGM-Fi), Supra X 125 memang menggantikan Karisma, kalau kita lihat kode motor Karisma dan Supra X 125 itu ANF-125, bahkan untuk pasaran eropa Honda Innova (bukan Toyota) mempunya kode ANF-125 juga.

  9. saya mau nanya dikit nih, di situswebsite apa saya bisa mendownload “katalog karisma” yang lenglap (bukan hanya katalog mesin doang) thank’s atas pencerahannya (^_^)

  10. saya mau bertanya dok,motor saya karisma 125D 2004,motor saya kurng bertenaga dan kaku dan selain tu drat di tempat tangki oli tu sudah habis,gmna solusinya?makasih

    1. kalo tenaga motor anda dibawah std motor karisma lainnya,
    itu ada beberapa penyebab, seperti ;
    – kampas koplig sdh aus,
    – stelan klep terlalu rapat
    – banyak kerak karbon di blok silinder, dsb…
    solusinya bawa ke ahass terdekat atau ke bintangmotor, semua akan diperiksa dan diberi penjelasan mengenai solusinya🙂
    2. untuk memperbaiki ulir drat oli yang rusak ada 3 solusi yg bisa dipilih ;
    – bila tidak terjadi retak pada sisi-sisi drat, maka paling mudah di tap ulang dengan menggunakan ulir baut lebih besar / dengan ukuran 14mm (ukuran kunci 19)
    – namun bisa terjadi keretakan pada sisi dratnya, maka mau nggak mau harus bongkar mesin, kemudian di cor blok mesinnya (crankcase-nya) dan dibikin ulir baru
    – mengganti blok (crankcase) dengan yang baru.🙂

Komentar ditutup.