Setel Angin Motor Bebek 125


facebook

Ini adalah artikel yang sama mengenai penyetelan Angin Sepeda Motor Honda, karena sebelumnya sudah pernah saya buatkan artikel mengenai menyetel langsam sepeda motor Tiger, namun karena masih ada yang blm jelas dan banyak yg menanyakan, maka saya tambahin disini.
Buat yang kepengin nyetel langsam motor Honda bebeknya dirumah, nih saya kasih tipsnya…

  1. Putar Pilot Screw (stelan langsam) searah jarum jam untuk memperbesar RPM mesin hingga kira2 3000RPM.
  2. setel_angin_1

  3. Putar Air Screw (Stelan Angin) kekanan (searah jarum jam) hingga mentok, pada kondisi ini mesin seakan-akan mau mati (RPM menjadi rendah)
  4. setel_angin_2

  5. Putar kembali Air Screw kekiri (berlawanan dg jarum jam) kurang-lebih 1,5 – 2 putaran
  6. cari diantara posisi itu RPM (putaran mesin) tertinggi
  7. Setelah didapat putaran tertinggi, kemudian kecilkan RPM dengan memutar pilot Screw kekiri hingga di dapat RPM 1300-1400 atau bila tidak menggunakan RPM meter bisa di cari pada RPM terendah dimana putaran mesin tidak terjadi pincang2.
  8. selesai

Kesulitan-kesulitan :

  • Apabila pada saat memutar air screw kemudian tiba2 mesin mati, maka putar sedikit pilot screw kenanan/perbesar RPMnya lalu nyalakan lg motornya dan lanjutkan langkah ke-3
  • Apabila RPM motor susah stabil/tidak bisa stabil/pincang2 coba dianalisa pada :
  1. RPM kurang tinggi (batas minimal 1300RPM) bila dibawah itu tidak baik untuk keawetan mesin (artikel mengenai efek bila RPM mesin terlalu rendah menyusul)
  2. Oil seal yang berada didalam air screw, mungkin rusak atau tidak ada sealnya apabila oil seal nya rusak/hilang, ganti dengan menggunakan oil seal yang sesuai dengan ukuran, atau bisa diakali dengan menggunakan karet seal yang berasal dari dalam karet korek api gas, caranya pecahkan korek apinya dan cari karet seal yang seukuran dengan oil seal air screw tadi dan gantikan. oil seal ini berpengaruh sekali karena berfungsi mencegah kebocoran udara dari dalam saluran air screw menuju keluar.
  • Apabila masih ada kesulitan lain, silahkan sampaikan kendalanya disini…
  • atau melalui Y!M : servicebintang

15 comments on “Setel Angin Motor Bebek 125

  1. Mohon info Honda CB 100 atau CB 125, Kondisi Ok atau siap pakai. Bodi bawaan pabrik komplit ato pun kasarnya. Info kan harga sampai ke batam brapa? Mohon dibls k email saya atao 081270007353

  2. makasih telah berbagi ilmunya, kalo gini kan gue nggak perlu ke bengkel kalo masalahnya cuma kecil kayak gini. sekali lagi thanks banget

  3. motor sy hsx 125 br 1th, tarikanya berat amat. sy cek putaran angin dr ahass cm 1 1/4 ke kiri. berarti udah lumayan basah kan, tapi kok lelet ya mas?? apalagi klo goncengan/tanjakan,ky bw truck rasanya,spedometer turun drastis, padahal pake gigi udah pas, itu ahass yg salah nyetel apa ada faktor lain yang bikin tarikan berat ya???
    kadang bensinya sering telat masuk,jadi kempos gtu, ada hubunganya mas? thnx:-)

  4. bro, motor saya cs1 sekarang kalo lari antara 78kpj ke atas motor terasa ndut2an mbrebet. kira2 apa ya solusinya. hal itu terjadi setelah saya servise ke ahass.

    thx

  5. bro mohon bantuannya kalo untuk VARIO 2009 berapa putaran ukuran setelang anginnya

  6. Bro ahass mohon bantuannya nih.
    Hsx 125 saya stelan angin mintanya di 1,5 putaran dan setting sdh sy lakukan berulang2 tetap mesin paling menjerit di 1,5 putaran tp ketika sy lihat busi warnanya sgt hitam pekat. Ketika sy rubah jd 2 putaran malah bagus warna busi merah bata. Jd mana yg benar mohon petunjuknya, trmksh.

    • 1,5 putaran utk setelan angin bukan std yang baku, hal ini bisa berubah ubah, itu biasa dilakukan untuk motor yang masih dlm kondisi baru, kalo sudah lama ada perubahan, yang menjadi acuan adl hasil pembakarannya, kalo hasil pembakaran sudah pas berarti setelannya juga sudah pas, jadi pake aja 2putaran.
      thx

  7. motr gw, hsx 125 2006. nah kalo pas kcptn 65-80 ntu mesinya getar bgt. tp klo kcptn diatasny ato dbwhnya ga da masalah, ttp alus.
    gw mo nanya kra2 mslahnya apa, apa ada hubnya dgn angin?

  8. klo motor abis ngebut malah mati2 itu berarti terlalu kering ato gemuk setelannya???

    motor saya supra x 100cc masih standar ting ting kira2 ganti knalpot dulu ato kelistrikan dulu yg diganti untuk dongkrak performa motor??

    • Biar tahu kering / basah setelannya, sampeyan cek sehabis ngebut businya basah atau kering, dari situ ketahuan apakah setelan basah atau kering bro…
      kalo saran ane sampeyan ganti dulu CDI racing, baru ganti knalpot…

Komentar ditutup.