Bertiga di Motor Matic Bahaya?


BeAT okJakarta Halo detikOto saya mau tanya apakah naik motor matik bertiga bisa merusak motor? Saya mengendarai Honda BeAT keluaran 2012 dan baru 1.045 km, terus bagian mana yang paling rentan rusak?

Terimakasih detikOto.

Nandi Suherman
Jawa Barat

Jawaban:

Halo mas Nandi, salam DetikOto

Boncengan 3 orang tidak masalah, selama orang yang ikut berboncengan merasa nyaman dan beban masing-masing orang tidak berlebihan (di bawah 150kg). Sebab bila beban berlebihan tentu motor akan dipaksa mengangkat beban yang di luar kemampuan.

Tentunya kalau itu diteruskan bisa mengurangi umur bagian mesin, terutama yang berkaitan dengan mesin penggerak seperti van belt lebih cepat mulur, roller lebih cepat aus dan kampas kopling sentrifugal juga akan lebih cepat aus. Di samping itu juga pasti konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

Tapi tentu yang diutamakan bukan hanya faktor keamanan untuk mesin saja, tetapi keamanan dan kenyamanan pengendara dan pembonceng yang juga mesti diperhatikan.

Kalau saran saya sebaiknya maksimal 2 orang jika yang bonceng orang dewasa, tapi kalau dengan anak kecil tidak masalah. Sebab jok motor matik rata-rata didesain untuk membonceng 1 orang di depan dan 1 orang di belakang.

Demikian tanggapan saya. (detikoto)

Terimakasih
Andriyanto – Bintangmotor

9 comments on “Bertiga di Motor Matic Bahaya?

  1. Saya tiap hari naik motor beat sama kaka saya dan bobot kami berdua lebih dari 150kg, baru berapa bulan pake udah keluar suara (spt:suara jangkrik) dari mesinnya pada saat berhenti di tanjakan, kira2 itu kenapa ya mas? Trus bagian mana aja yg rentan bgt rusak? Tq

  2. mas AHASS saya punya motor honda beat FI injection baru 3 bulan mesin saya sudah kasar di karenakan ada yang memasukkan garam kemesin motor saya bagaiman caranya mengatasinya.
    tolong balas secepatnya .terima kasih

  3. mas, mf ni oot.. sy pnya honda spacy fi 2012 ambil dari bintang motor lippo cikarang bekasi.. bbrapa hari yg lalu mngalami jatuh nabrak rider lain. efek pda motor trjadi baret2 n pecah di inner n upper cover depan. jg sy rasakan kok stang motor agak ngebuang ke kanan saat sy test riding lepas tangan, trnyata sy bru sadar stang agak miring k kanan skitar 5 derajat. kira2 apa yg harus sya lakukan agar motor sy stabil sperti sdiakala slain ganti plastic parts yg *cacat tentunya.. thx n d tggu reply’y..🙂

    • saat jalan motor narik ke salah satu sisi ya mas? silahkan datang ke bengkel aja mas, nanti kami cek kerusakannya. Yang biasanya kami temui, bisa jadi stang nya yg kena/ miring, tapi bisa juga dari segitiga nya mas. Untuk perbaikan segitiga musti di press. Kurang lebih seperti itu, untuk lebih pastinya musti di cek langsung. Terima kasih

Komentar ditutup.