Bore up Honda 100CC (Legenda)


Mendongkrak tenaga mesin Honda 100cc itu susah-susah gampang. penyebabnya, jarak keempat baut silinder terlalu dekat dengan liner atau boring. karena terlalu dekat, susah untuk dibore up gede-gedean, itu karena pilihan diameter piston pengganti jadi terbatas.

kalo enggak tahu cara mengakalinya, memang begitu. tanpa geser baut mesin, paling besar hanya bisa pakai piston 54-55 mm. itu pun, boring sudah tipis dan mesin jadi cepat panas.

untuk mengakali masalah ini, honda legenda dengan 100cc bisa adopsi piston honda Sonic dengan diameter piston 58 – 60mm.

yang mesti dilakukan pertama kali adalah bongkar seluruh mesin, artinya bagian crankcase juga ikut dibuka.

setelah itu, bubut bagian mulut crankcase yang menghadap pantat blok silinder sebanyak 3mm. bagian crankcase tetap kudu dibubut agar boring baru bisa masuk.

crankcase_legenda.jpg

kemudian lanjut ke silinder blok sendiri, sebelum memasang atau menentukan liner piston baru, kudu bilang ke tukang bubut, jelaskan papas bagian blok yang punya jarak renggang dengan baut blok sebanyak 2 mm.

jika langkah pertama sudah, lanjut membubut bagian blok yang berjarak lebih rapat. minta ke tukang bubut untuk menyamakan diameter agar berbentuk bulat sepenuhnya.

blog_legenda.jpg

tapi tukang bubut pasti sudah tahu harus bagaimana selanjutnnya, karena mereka juga biasanya sudah berpengalaman.

nah… setelah itu baru pasang liner baru dengan diameter 60,5 mm, lalu tinggal pasang piston. mau ukuran 58 atau 60 mm, tinggal tentukan sesuai kebutuhan.

setelah semua proses diatas dilakukan, sudah tentu kompresi melonjak dan tenaga lebih yahut…, karena kompresi tinggi, maka alangkah baiknya jika menggunakan bahan bakar dengan angka oktan tinggi, untuk menghindari ngelitik karena knocking.

demikian, silahkan coba. referensi : (motorplus-19/01/08)

150 comments on “Bore up Honda 100CC (Legenda)

  1. bro gw mau tnya ,, klo supra fit 2005 pke seher kitaco ukuran 54-55 bagus ga ,, klo ga gnti pke apa .
    bls bro ,, tq .

  2. ada yg lupa motor saya suzuki shogun 125
    Bos Mau Tanya motor saya udah di Bore up dan karburator NSR 28 , saya punya masalah dgn mesinnya , motor saya boros oli ( kata bengkelnya sehernya kena , sudah 2 x ganti seher ) dan sekarang saya pasrah jadi saya kembalikan ke ukuran stdnya. yg ingin saya tanyakan , apalagi yg harus di setting jika seher std dan karburator NSR ukuran 28 ? dan yg saya masih penasaran apa sih yg menyebabkan seher saya sampe bocor / rusak sampe 2 x ( boros biaya juga bos , cape ). terima kasih

  3. Bos Mau Tanya motor saya udah di Bore up dan karburator NSR 28 , saya punya masalah dgn mesinnya , motor saya boros oli ( kata bengkelnya sehernya kena , sudah 2 x ganti seher ) dan sekarang saya pasrah jadi saya kembalikan ke ukuran stdnya. yg ingin saya tanyakan , apalagi yg harus di setting jika seher std dan karburator NSR ukuran 28 ? dan yg saya masih penasaran apa sih yg menyebabkan seher saya sampe bocor / rusak sampe 2 x ( boros biaya juga bos , cape ). terima kasih

  4. saya punya supra th2004 gimana biar laju apa yg perlu diubah
    tlg yg detail ya….(buat harian aja minim bisa sejajar dg yg 125cc hehehe)
    kirim aja lgsg ke emailku
    maksaih sebelumna

  5. Pake mega pro terlalu kegedean ya !Bearti amannya cuma GL MAX,124cc.Selamat hari raya idul fitri mohon ma’af lahir batin !

  6. motor guw uda bore up .

    mocin kanibal karisma .
    head+blok karisma .
    seher tiger ovz 200.
    kruk as karisma .
    naek stroke 6 mm .

    ninja rr lewat boz .

  7. saya punya honda legenda, pingin saya buat korek harian., apa saja yang harus dganti., dan berapa kira2 biayanya..??
    terus apa benar klo noken as sudah di modif suaranya jadi kasar…???

  8. bosss.bw mw nnya.yg jual blok head supra dmn,&brp hrganya?tlong y
    knp headnya dipapas 0,5mm ko ketengny jd kndor bgt..gmn cra ngakalinya?tlong bntuannya

  9. ada yang jual as kruk mocin langkah 56 ngga ya?? (biasanya sih pny motor 110 or 120cc..
    boleh disms ke 081999 855777

    • karbu lo terlalu kebesaran,ga maksimal bro..
      manfaatan karbu bawaan motor lo tingal setting jet dan reamer beres deh.kemudian lo ganti pengapian pake BRT aja beres.
      total biaya paling ga sampai 1000k

  10. kira2 berapa biaya buat perbesar crank case,60,5 boring motor apa,masih aman gak buat dudukan 4 baut blok,totall biaya berapa?

  11. kira2 berapa biaya buat perbesar crank case,60,5 boring motor apa,masih aman gak buat dudukan 4 baut blok,totall biaya berapa

    • 60mm aja bos.. riskan kalo 60.5.. takut g kuat boss drat tiangnnya.. bisa pake seher 56 sampe 58 kog..
      estimasi
      blah mesin + paking 200
      korter crankase 80
      borring 200
      seher 250 bs ukuran 56-58mm

      jangan lupa ganti klep yg lebih besar, biar range powernya naik
      pake head TK racing aja bos. 450rb. gw dah pernah pake. enak kog. tingglal leppp.. hehe
      ukuran klep nya 26*22, cukuplah buat harian, g terlalu besar.
      gud luck bro risetnya

      kl mo share > andre.buanged@gmail.com

    • GNI GW PNY MOCIN 100CC,br mtor loe ngacir:
      1.piston stndr d gusr,gnt dg oz100 pny gren yg d lego 45rb dg ring nrp 50rb!
      d ykni bkin nfas mtor jd pnjg!
      2.pngapian klo ad flus lbh pkek sogun kebo,kl g,stndr jg udh bgs!
      3.karbu pkek pny rx 125,kl stndar maen n plot drbh,pkek yg 42 n 80.d jmin ngcir!
      gud luck bro!

    • boring crankcase,ganti seher sonic,aplikasikan klep tk 24/28,askruk ganti mochin,stang seger pake punya grand ringkas ga terlalu nyolok naik stroke.setelah itu lanjut ke gigi rasio,pengapian pakai brt aja uda cukup.

  12. bro bintang motor tolong dijawab dunk… pertanyaan gw.. supra x 100 thn 2002 biar bisa kenceng bgm caranya… kalo bisa kasih solusi bore up maksimal bgm caranya… utk supra x 100 bro…. jawabnya diforum ini aja jgn lewat email bgm bisa..?? biar yg laen yg punya mslh sama bisa liat jg solusi dari bintang motor.. tq

  13. . bozz..
    . gw pnya supra x 100.
    . tp gg bsa knceng larinya. ksih solusi dund biar bsa nmbah power g2 ? ..

  14. gw pnya mtor cina yang tenaganya 110cc .

    motor itu ingin saya bore up .

    tpi saya bingung hrus ap saja yang d ganti .

    blez ya bos.

  15. bos saya punya supra 2003 pengen di korek..
    kalo pake piston shogun oversize 100
    klep pake kimco
    per klep pake sonic
    karburator pwl ninja 26
    koil ninja gimana??
    saya mw bangun drag..

    bls ya bos..
    makasih sbelumnya

  16. enk’z

    saya ingin mem bore up motor supra x 2003 jadi kencang tapi bisa harian minimal nyusul satria fu yang kaya capung . . .

    apakah cukup cuma ganti :
    klep shogun
    cdi brt dual band
    seher neo tect
    blok mesin kopling
    noken as bubutan

    BLZ YAH

    • kalo mau ngebuat fu cape nguber loe, loe harus pasang klep honda jazz kalo gak new camry, caranya dengan mengubah setingan klep.kalo cdi brt dual bad dah cukup ntuk supra x.seher ubah pake honda tiger dan ganti jg linernya. kopling tangan harus pake untuk menghantarkan putaran mesin ke roda, dan noken as papas sampai dengan 1mm.

      selamat mencoba

    • bisa aja bos,
      motor tmrn spek seher kaze n klep std bisa nyusul cbr std malahan..
      tapi dia ubah kruk as , stang seher, rasio, pengapian, piston, klep , kem yg bner2 buat balap. emang mo kmana bang kenceng2? kcuali mo d karap sekalian

      mending kenceng irit aja bos. hehe

  17. mtor gw revo 100cc seher blitz joy…
    rasio yg bgus pke ukuran brp aj ya,1..2..3..4.nyah..??

    thanks..

  18. gw pengen supra x 100 gw kenceng tp bs harian….

    1 papas noken as
    2 klep
    3 seher karisma,,,boring d korter

    Cukup gak bos,,,atw ada yg msti d tambahin mungkin biar lebih ajip gtu,,,,,,

    • 1, daripada papas kem , g jelas hasilnya , mending beli yg udah racing. g berisik lagi.. g pusing2 itung durasi

      2.klep pake std aja, tapi merek Tk. cukup bagus flownya
      3. jangan pake seher karisma bro. crown nya cekung. mending pake jupiter aja yg 52 jg. wlw rata, lebih baik drpada karisma. kalo ada duit bisa pake fim 52 yg jenong,,
      ————————————————-
      andre.buanged@gmail.com

  19. bos saya punya motor legenda thn, 2002 , sevesifikasi mtor saya: blok heed pke karisma, piston pke tiger over 50,naik struk 4mm, karbu nsr sp,cdi brt duel ben, papas hrd 0,8mm,blok standar, klep pke gl max. pertanyaan saya, ini spec yg bagus,apa msh bsa lbh bagus lagi

    • struk cm 4mm? nanggung bos.. 6mm aja.. biar torsinya gede,start nya bisa langsung libay lawan.. hehe, rpm jg g terlalu tinggi, jadi komponen aga awet dah
      pake kruk as karisma(58mm) d struk(+2=4mm), pin struk(+3=6) total jadi 68
      klep d upgrade lagi pake ee (31*25.5), porting downdraught, n lift kem d pertinggi

      kalo ada kartu kridit unlimit pasang rasio 5speed by daytona
      hihihiiiii

      banyak kog yg bs d upgrade lagi. sprti ubah dome, maksimalisasi pengapian dll..
      serem jg y bos motor nya.. hehe,,
      anak mana bos?

  20. Yang terhormat Bengkel Resmi Sepeda Motor Honda:
    saya kemarin habis ganti kamrat motor legenda saya….tiba2 suara mendengung/mendesing kok muncul kenceng aku coba maju mundurin baut stasioner disamping blok mesin masih ngak ilang2 …mohon pencerahanya bapak ..??/trimkasih sebelumnya ….

    • wah… menurut pengalaman kami, kalo habis ganti rantai kamrat/keteng, trus bunyi dengung ini mendandakan ketegangan rantai keteng terlalu kencang, coba periksa apakah per penegang rantai keteng masih orsi, atau ada komponen lain yang salah pemasangannya…

    • kalo mo masang blok karisma, kudu babet crankcase. tempat dudukan blok std d cor, terus d kasih daging , d kasih ulir buat tiang sesuai tiang d blok karisma ente.
      kl d jakarta , anak2 biasa ngoper k apora, biaya sekitar 500rb buat babet doang. biar mantep pake krukas karisma + seher tiger. setang seher bisa pake cb, big end sama kog.
      oh y , fikir bae2dah kl mo extrem bgini. selain g bs d standarin, duit sampean bakal banyak terkuras dh, blom lagi buat riset noken as, klep, kompresi, kl jebol, dll..
      y smg berhasil dh bro

    • jupiter itu seher 51 ya? sory gw lupa…
      haha
      tp bisa langsung d korter d blok std supra ente..
      blok dg boring std bisa nampung ampe seher 52 kog
      tinggal samain aja tinggi seher dari pin sampe ke bibir seher.
      kasi kang bubut pasti beres lah..
      gud luck bro

  21. kalo pake seher sonic kudu bikin paking sendiri
    kl ngandelin std bakal bocor,soalnya lobang untuk baut blok nya gede2
    lg pula boring untuk seher sonic lumayan gede, 62mm
    soalnya seher sonic kan 58, dinding boring harus 2mm
    jd 2mm X 2 + 58 =62mm
    itu susah bgt, mepet bos tiang blok seher
    d khawatirkan baut2 nya pada ngangkat
    bisa aja sih kalo nekat d bikin 59/60mm
    tp pada g tahan, sukur kalo macet, tp kbanyakan pecah
    dan itu harus menurunkan titik tengah boring std k boring baru

    yg paling aman geser tiang, tp ribet

    kalo pun itu dah terpasang, masalah baru muncul d head
    coakan klep d seher sonic g pas dg klep std lgenda, soale coakan d seher sonic terlalu lebar
    solusi 1, ganti klep sonic jg biar sesuai
    solusi 2, kalo lom pny duit, coakan nya d deketin dg titik tgh seher

    cm bs bantu gni aj, smg berguna

    • kl mo buat turing mah std wae.
      biar irit . hehe

      emg bro mau nya gmana? d bore up atoo std aj?
      mungkin gw bs bantu

  22. bos,,kalo gw mau bikin mio enak gmn carany??
    gw udah pake piston 58,5 pny GL max.

    tapi lari masi kurang…
    tlng jelas lebih detail y..
    thnx

  23. gw mau tanya nehh..
    motor gw grand..untuk spek touring bagusnya gmn?tapi gw pengen kenceng n gak terlalu nyiksa di pom bensin..
    sekarang spek motor gw..:
    kem papas…
    knalpot ffree flow..
    karbu win.
    piston standard.
    kalo touring ma motor2 baru gw masih di belakang..

  24. Gw dah siap blok + head set + ass kruk karisma, mo bwt standarin astrea star coz udah parah hasil garapan balian mesin berisikn boros…

    Kira2 abiz brp tuh ongkos pasangny ???

    Da bengkel rujukan ddaerah sby gk ???

    Makasih..

    • wah, extrim y.. hehe
      buat babet bubut crankase sih sekitar 500
      bubut kruk as biar sama ky std grand sktr 300
      blom laher , boring , stang shr grand, ongkos psg stang shr, bongkar dll.. nyampe lah 3jt

      saran gw sh d nganjuk aj, d suroyo.. terkenal kok
      tanya aj
      oh y satu lg saran gw,, hrs punya head blok n kruk as std y bro,
      seumpama apes a.k.a jebol, bs d idupin lg dg cpt

      smoga sukses y bro..

  25. kmrn cm abis 200rb an..

    per klep shogun imitasi (30rb)
    klep TK-racing 23n 21 std grand (80rb)
    (serasa pk klep 24 n 22 / karisma)
    bubut head 1mm 12 drajat 50mm (30rb)
    amplas n mta bor tuner (50rb) bli @ ace hardware
    repair kit imitasi honda win (15rb)
    sil klep Kaze (15rb=2 biji) lebih virgin lobang nya.. haha
    gir dpn 15 (15rb)

    yg perlu d perhatikan
    sitingan klep boleh d “hajar” 19mm
    korek intek d bagian samping bos klep aja.. yg arah tutup klep d ratain, alusin pake amplas (ampe 20mm)
    coak seher bag exos 1mm aja.. pk tuner aja biar murah
    pasang sil klep kaze nya
    main jet std wae (75)
    pasang pilot jet imitasi win(sktr 42)
    jarum skep n nosel atas win d pasang
    papas skep bag bwh 2mm
    pasang , n idupin dh

    saran > kl mau pk karbu win / kz aj sekalian
    kl g ada duit, pk nosel (jet holder karisma)
    gigi 3 tembus 115.. giig 4 nya .. wasalam.. haha

    • @andre>
      jiahh
      ongkos bongkar n g masuk y?
      kerjain sendiri gt?

      lo pk knalpot racing ap std?
      minta ym lo dong bos..
      ky nya lo pngalaman nih.. hehehe

  26. penen grand std lari kencang?
    pilihannya :
    1.yang simple ganti aja mainjet pake punya kawak kaze (kaze yang lama nan original) buka filter udara dengan ini aja lari 115 kpj bisa di raih oh ya klip jarum skep di posisi tengah.biaya gak nyampe 40 rebu
    2.sama step pertama cuman tambah,kurangi paking head cylinder 1 + ganti knalpot free flow tapi leher knalpot jangan seperti std dibikin meliuk spt leher blade atau supra 125,biar tenaga gak terlalu los yang bisa berakibat akselarasi lemot,panjang mufler max 25 cm tanpa db eater.plus ganti busi dingin dan cdi sindengen .biaya sekitar 150 rebu.120 kpj mudah di raih.
    3.ganti piston kaze ,karb rx king walau std masih bisa melayani (cuman pintar2nya setting carb).knalpot full free flow.head dipapas max 2 mm,perkopling di perkeras,ganti gear depan 15 blkng std,dengan catatan sbagian spek point 1 dan 2 masih di pakai.140 mah ecess aja.

  27. Fit x ku full standart gir nya tak ganti 13 dan 35,mantap tp bawaan nya lari terus mesin mendengung-dengung. Gir depan tak balikin standart 14,tarikanya loyo bgt tp top speed nya bisa 115,lumayan dibandingkan standart 90kpj sj,

  28. gw nyoba pake karbu pe 28 d grand std..(full std)
    pj/mj 42 105 ..
    gigi 1, 45
    gigi 2, 85
    gigi 3 105
    gigi 4 120

    coba dh.. d jamin g nyesel lo

  29. Supra fit new punyaku seperti bang nono.Ban standart. Gear Depan punya grand 13 mpm, gear belakang karisma 35 428 iwata , shok belakang gl pro supaya rantai tidak nyentuh karet lengan ayun,kl pake shok asli kalo jalan di atas 100 mentul2,dulu saya kira kopling selip ternyata shok nya,shok depan pake 1 baut sj di pendekin 3 cm supanya enak buat nikung,celah klep jgn lupa 0,5 mm dr standart 0,05mm,dijamin gigi 3 bisa 90 gigi 4 mendesing 110kpj.

  30. GIMANA CARA BUKA BAUT PADA KAMPAS KOPLING VEGA R 2005, KARNA SAYA AKAN GANJAL GANDANYA.SAYA KESULITAN PAS LAGI MUTAR BAUT, EH RUMAHNYA KAMPAS IKUT BERPUTAR.

  31. kl mau extrem sekalian. bs 150cc up up nh
    pengalaman:
    kruk as karisma (57.5) d bubut mengikuti batang kruk as grand
    setang seher pk grand, kl mo naik stroke 62, pk legenda
    crankcase kanan mocin (kl std mentok pompa oli th kruk as)
    buat masang gir pompa oli nya, bikin paking dural bwt ganjelan pompa oli (biar gir nyampe k primary)
    blok mocin 125 model legenda (kl std baut kanan atas nya mentok)
    head mocin 125 (klep 27 23, baut udah sama dg blok)
    seher bs pake sonic 0, kl mo lbh pk hi speed 62mm pin 13
    karbu pake pe28 aja yg murah, nosel gl 100 d potong sesuai pjg nosel std, main jet 150 pk ex pwk (yg panjang)
    jarum n68h (pwk)
    magnit 600gr balancer 700
    rasio 1 beratin, kasian joki soalya
    kompresi patok 14aj biar g pk bensol n kuat harian

    kl nyeting cdi rasio n dll ngikut mesin aj.. hehe

  32. new fit pengen kenceng!
    gir depan pake punya grand yg 13 mata
    gir belakang pake karisma 35 mata yang 428 ( iwata )
    ban standart aja
    dijamin kencang

  33. mo tanya nih
    my motor supra x piston jupi Oz 100
    noken as bubutan eXtrim
    head bubut 1,2
    piston jg dah di bubut
    stang seker ok
    kmpresi 14,5 :1

    tapi kok kalo presneling tinggi rpm rendah (buat ngangkat )kok klepnya kayak nggaduk ya, tp kalo rpm tinggi ngaciiir

    tiger standart aj keok

    tolong bales ya

    • Pengapiannya tuh di seting lagi mas. . dimajuin atw dmundurin derajatnya trgantung kbutuhan mesin, biar putaran bwahnya gak kdodoran… atw ganti CDI pk yg spek racing.. oh iya.. jangan males pindah gigi donk…sesuaiin dngan kcepatan mtr,beban,kondisi jalan,biar mtr awet.. ati2 sm setang seher bsa mlintir klo sering2 dpaksa narik kayak gitu.. ad tipsnya biar msin lbh awet… klo muter gas di urut larinya malah lbih enak plus bensin bisa lbh efisien gak trlalu boros… coba deh….

    • itu mah biasa om..
      kalo noken as d papas untuk seting top speed, d rpm bawah nya berantakan..

      pengapian sih std aj ok, biar d top nya nampol
      tonjolan pulser d magnet d kasih daging k depan 3-5mm , belakan nya d papas jg 2-3mm
      tp kompresi hrs naik lagi,, biar lebih UP UP UP
      hehehe
      sundul lagi gan..^^

  34. Mo nanya Karbu Suprafit 2006 bagusnya pake apa ya biar ngebut?
    Harganya jangan terlalu mahal ok.

  35. mau nanya nich ..mtorq supra fit nah klo gnti seher pke pny kaze oversize 50 sebaekny gnti boringny jg ga?n jdi brapa cc tu mtor……mksh

    • y kudu ganti om
      boring std grand 53.8
      sedangkan seher kz 53.5
      cc nya
      53.5 / 2 = 26.75

      26.75*26.75*3.14*49.5 = 111.2 cc
      mayan dah.. hehe

  36. pcy g mtor grand gue bisa ngalahin karisma 125 cc pdahal ga diutak atik mesinnya aneh kan
    gue sendiri juga kaget tupdahal sama2 gas poll

  37. w pNya hOnda grand ,,
    udah di bore up ,,
    trus pke karbu rx king ,,
    tpi gmpang pnas tkutnya overheat ,,
    kLo mw bkin pRnpasan dimasin ,,
    msangnya hrus dibagian mna ?

    kLo da informasi hub. di
    bayu_e@rocketmail.com

    -thanks-

  38. gue punya motor honda kharisma 125 cc standar,pengen supaya tambah jadi 135 cc apa aja yang perlu diganti dan berapa biayanya kalo mau beli onderdilnya dimana kalo dijakarta

  39. mas mutanya………..
    kalo bikin seting klep honda grand jadiin shogun kemiringan ideal nya harus berapa derajat???????
    thx sblmnya.

    • mending pake klep punya kymco grand cevira bro. diameter lbh besar dari punya shogun, tp harga lebih murah, sepasang cuma 60an rb.

  40. mw nanya ni..

    gmn caranya naikin tenaga supra fit X…

    tp g plu boor up..
    biar hemat ongkos gtu…

    tp bbm jgn boros..

    ya sebatas wajar…

    ya biar bisa ngimbangin lari vega-r yg standart aj…

    soalnya parah banget larinya…

    loyo…

    100 km aj susah masuk…

    tolog di balas k imam.almukhtadi@gmail.com

    tolong ya…

  41. Monanya nich bore up maksimal supra x 100cc bisa sampai berapa?partnya apa aja yah yang enak…thx

  42. Ping-balik: bore up yuks.. « Denny333’s Weblog

  43. thanks buat artikelnya yang keren tapi aku ada pertanyaan neh klo bore up buat motor cina bisa gak? motornya jingcheng city? kasi tau dung cara dan langkah2nya bila perlu diperjelas dengan gambar… lok tau email di roy_alit@yahoo.com
    thanks sebelumnya…

  44. Salam HONDA……!
    Boss saya mo nanya, knapa mesin HONDA REVO saya setelah di bore up jd 110cc muncul suara berisik seperti ada logam yg berbenturan. Suara tambah kencang seiring naiknya RPM. Pdhal stelah di bongkar ulang, klep, rantai camrat, maupun piston dlm keadaan ok alias tdk ada masalah..
    Semua menggunakan part baru, mulai boring kaze, piston kaze 0,25 n ring piston NPR.
    Mohon untuk masukanya, makasih n HONDA THE 1st….

    ips3904@yqhoo.com

  45. saya mau tanya nich..?mtr sy grand 91 udah bore up 75 piston kaze, karbu Win knalpot racing sudah gnt pengapian DC camshaf std final gear punya supra 125, tapi topspeed mentok 100km/jam anehnya lagi masih irit solo-purwokerto cuma habis bensin 7Ltr itupun masih sisa tapi jalan standar 80km/jam..tolong di jawab nggih masssss….ke riokuswanto@yahoo.co.id

  46. saya mau tanya nich..?mtr sy grand 91 udah bore up 75 piston kaze, karbu Win knalpot racing sudah gnt pengapian DC camshaf std final gear punya supra 125, tapi topspeed mentok 100km/jam anehnya lagi kalo masih irit solo-purwokerto cuma habis bensin 7Ltr itupun masih sisa tapi jaln standar 80km/jam..

  47. ass ahass,,,
    saya mau tanya, dan tolong dijawab y….
    motor saya itu honda grand th93, masalahnya motor ini kalau di gas, putaran mesin tinggi, tapi tenaga dan kepatan malah kecil,, itu kenapa y,?
    tolong dijawab ya ahass!!
    ke igalayas@yahoo.co.id

  48. wahh…keren neh…tapi masie bisa g y di masukin ke fit’s ato fit’x????khan sma2 100cc…n mesin hampir gak ada perubahan????

    bisa di ajak lari 125kpj g ya hasilnya????
    pengen ngalahin musuh bebuyutan Q (jupiter-Z)
    penasaran neh….yang udah nyoba kirim hasilnya ke fallendie@ymail.com yah…
    thx…aq tunggu…
    kalo bagus Aq ngikut….
    hehehehe

  49. kira-kira revo bisa dibore up sampe 135cc nggak ya? Kalo iya berapa biaya yg harus dikeluarkan untuk bore up yang kualitasnya bagus? nyampe 1 juta gx?

    makasih.

  50. BRO gw punya mtr honda supra boring pake mocin sebab isi silindernya 107cc coz, gw pake piston kaze

    over size 100 tebal gelasan boringnya cuma 3 mili
    ketipisan gg??

  51. mo nanya bro,,,,,, klo pake piston sonic diameter 58mm buat legenda,, untuk sehari – hari jebol gak,,,???

  52. gimana kalo honda 100 cc (honda revo) nya di pakein piston jupiter z yg sizex 100??
    apa bisa at harus di geser baut mesinx?
    thanks a lot…

    • kalo cuma ganti seher pake jupiter z os 100 tinggal korter aja bro, tanpa harus geser bautnya. tp klo pengen lebih enak lg pake seher kaze aja

  53. Saya mempunyai Motor Honda Supra X 125 R 2008 standar. Mau tanya, berapa akselerasi dari 0 s.d 100km/jam dan kecepatan maksimumnya (standar), dan jika sudah menggunakan paket tune-up BRT 1 s.d 4?
    Terima Kasih

  54. klo w punya revo stndr, trz klo mw bore up kira2 smpe brp mentoknya cc nya??

    pa aj yg w gnti??…………………………..

    thnx

  55. Wah… bagus tuh tips bore up 100 cc.

    dalam kurung legenda disini… maksudnya khusus legenda apa untuk semua tipe honda ber cc 100…???
    kyknya perlu di perjelas nih…

    Nah… Terus yg perlu diketahui juga Plus dan Minus nya

    Plusnya Tenaga dan kompresi bertambah…

    Minusnya…??? Kayaknya selain motor yg di bore up… Kantong juga perlu di bore up… He he he he…

    THX Buanged untuk Tipsnya…

  56. untuk urusan padetnya kompresi, yang bener,lebih baek pake sonic 100 atau tigey standar? coz ada yang ngomong lebih padet pake sonic padahal sonic 100 cuma 59mm, sedangkan tigey standar aja dah nyampe 63.5mm

  57. Ikens…
    Gw ud pk tuh blok xx.
    Cuma dikit yg msti d ganti,cm as prsnling doang…d potong kira2 5cm dr blok mesin,cz mentok sm blok xx
    Gw bli blok d ahass cm 150,
    stut 250an.
    Uz lu mesti k tkg bu2t bwt ngbu2t 3baut d blok’y,cz mentok d rmh kmpas kopling.
    Mdh2an membantu

  58. Boss gw punya motor Astrea Star masih 90 cc.
    Kalo gw gedeen cc-nya mentok sampe berapa cc-nya?
    Bagusnya pake piston apa?
    Trims

  59. bozz saya punya honda revo th 2007.
    yg mw saya tanyakan klw mw ganti knalpot untuk harian ma balap yg cocok bwt revo tu knalpot apa?.
    motor saya klw di oper dari gigi transmisi 1 ke 2 kdang2 susah dimasukkan dan bunyi “klek”, kira2 apa penyebabnya?
    thankz

  60. boss… mo tanya. saya punya supra fit 2006, rencana mau bore up. kata temen-2 bisa pake piston kaze, cc jadi 115. gimana caranya. (yang detil ya boss) trims.

  61. mas mau tanya,saya punya honda supra xx,pengen ganti blok silinder sama silinder head punya jupiterZ.masalahnya dimesin supra ada yang melintang as pompa oli yang menghalangi boring!!!gimana caranya supaya ngga menghalangi boring???makasih

  62. bos.. mautanya nh… kalo mau pake piston 60 mm buat supra baut stutboard harus di geser apa nggak?
    terus bisa dikasih tau gak ongkos geser baut stutboard d tukang bubut kena berapa duit ya?
    thx

  63. neh maw post lage motor gw revo
    bebek honda neyh isa narik 60kmph pas gigi2
    kata nya sich tuwh msh lambat
    ada yang bilank ganti piston,pilot jet,truz pa lagi
    gw lupa

    tolong kasi solusi dunk gw binun neyh

  64. montorku supra x gigi transmisi 2 kok bunyi klek2,saya coba tekan kopling juga masih bunyi apa mungkin ring gigi transmisinya lepas

    • boZ blh nanya,,,,,,,honda revo sy udh bore up smpe 115cc,pke piston 55 mm…….tp mtr sy gak prnh sehat alias jebol…….
      klo mau pke piston 60 gmn ya boz….?tlng msukan nya…….

  65. gue udah mengaplikasi rangkaian ini,tapi pistonnya pake kawak kaze oversize 50” hasilnya gagal total mesin kalo panas dikit langsung macet dan suaranya kasar banget mungkin ada yang salah dalam proses pengerjaannya yang jelas langkah diatas harus dilakoni dengan sangat amat hati hati

Komentar ditutup.