Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak


Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;

1. siapin alat-alatnya

  • kunci-kunci standar seperlunya
  • kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
  • bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
  • bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
  • bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
  • lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
  • balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
  • kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
  • buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!

2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;

  • mesin bagian kiri
    • komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
  • mesin bagian atas
    • komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
  • mesin bagian kanan
    • komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
  • mesin bagian tengah
    • komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher

3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah

4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda

5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak

6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;

  • gasket kit A ( paking top set )
  • gasket kit B ( paking full set )
  • oil seal selah
  • oil seal operan / persnelling
  • oil seal gear
  • oli mesin 1 liter

7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,

8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri

9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter

10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin

11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!

Klo begini ongkos bongkar pasang mesin GRATIS! Karena kita sendiri yang ngerjain, klo di kerjakan di bengkel Ahass / bengkel umum kisaran harganya ; Rp. 150.000,-

Tapi inget, harus optimis dahulu sebelum mencoba jagan ragu-ragu… kalo ragu-ragu datang dan relakan aja Rp. 150.000 ke bengkel Ahass… TAPI AMAN….! DAN BERGARANSI! — > 1 bulan.

Okey… itulah tips saya… yang ingin bertanya… atau berkomentar silahkan ditunggu…!

65 comments on “Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak

  1. ass….wr.wb
    saia wahyu……saia mw tanya?
    saia pnya sepeda motor revo,trz saia pengen revo saia tarikaan nya enteng n kesit setiap hari gmn cara nya???

  2. bila anda mempunyai hobi ewean sebaiknya eweannya di atas motor biar agak hot gitu……..
    hubungi 02293043561 ini asli bkn iklan cepetin hubungi yach
    my name

  3. Ass wrwb hi aku pendatang baru aku mau tanya: Apa saja sih kompenen mesin dan peralatannya . trimakasih itu saja wassmualaikum wr wb

  4. Bapak mekanik… tuolong donk. aku punya legenda thun 2002, 2 bln yang lalu aku bongkar mesin cos kenalpotku ngebul putih, aku beli piston ukran 25 dikasih mrk lyn ma tkng bngkel, pertama sih bgus lama-lama ngebul putih klo digeber item. aku buka mesin lg, ringnya pada baret, aku korter lg 75 merk honda, pertama sih kompresi bagus tapi sekarang begitu lg mas…. sedih aku… mas mas… tolong ya mas penting nih aku kerja kuatir. apa rante ketengnya yang perlu diganti? atau klepnya? trus skarang mesin berisik nging…nging kya magnet… pusinggggg…

  5. sedikit kendala, motor pada setelan klep standart tapi suara masih nyaring,,,,,, gak bisa alus seperti biasa……..

  6. klo supra x125 d pasang kopling manual bisa ga…??

    n klo bisapake kpling x apa…???

    ngefek ga sama performa motor..???
    balas d email(aswin.anel@yahoo.com)

  7. aq pnya supra x 125 yg top speed x cuma 120km\jm
    gmn yah biar bisa nambah….???balas d email(aswin.anel@yahoo.com)

  8. mo tanya donk…
    motor supra x saya baru saja ganti kampas kopling, tapi sekarang setiap mau setengah kopling mesin dan rangka bergetar,….apa ya penyebabnya

    thanks

  9. Hanya sekedar info buat yang pengen karismanya agak lumayan, spek mtr karisma gw : piston GL Pro series, setang piston Mio, stroke 4,2mm, cam WRD, Klep in out (28/24)Sonic, Per Klep Sonic, Karbu Std reamer, Gir rasio Std, Sproket 14/39 pake punya Yamaha ( rantai 428 ), CDI BRT dual band, Koil Blue Thunder, Busi Std, Knalpot Rossi 46…….. bensin 1:20 Rute Muwardi Jakbar – MM Bekasi……Berat Badan 78KG…….. Top Speed Karisma gw 150 Km/jam lebih dikit ……Thks

  10. selamat siang,
    mau tanya donk,
    motor sy karisma x 125, kalu start pagi lalu beberapa detik kemudian motor di jalanin keluar bunyi klotok2 di mesin dan larinya berat.
    kalu sudah panas tidak ada bunyi, tapi setelah mesin di matikan 15 menit lalu dinyalakan dan jalan lagi bunyi klotok2 lagi.
    apa penyebabnya ya? mohon pencerahannya.
    thx.

  11. selamat sore
    ahas
    kalo bisa saya minta spesifikasinya mesin honda supra 125, supra x, tiger, revo, gl pro, cs1
    tetntang
    diameter silinder, struk,kompresi, gigi ratio yah…
    tank u
    makacie
    selamat malem ^_^

    • honda 125 diameter piston 54mm +3,5 cm+1)12 14. turun 1 supra x diameter 49mm 3,3cm
      tiger diameter 63 setruk 4,2cm
      revo sama supra . cs1 diameter 55mm 3.5cm

  12. pengen nanya nih mas,motor saya revo cw 09 untuk pemakaian gigi sesuai spidometer koq kurang pas ya..?waktu masuk gigi satu ke gigi 2 mesin terasa berat dan”nggereng”begitu seterusnya..memang saya belum servis rutin,soalnya baru 1 bulan pemakaian.,apa ada yang kurang beres dengan mesinnya..?bagai mana setelan yang memberikan tarikan dan aksrlerasi yang bagus..?terimakasih(tolong bls di e-mail saya)

  13. salam bikers,

    saya punya motor jupiter z. klopagi mesin dingin susah sekali di starter.Kenapa ya???????

  14. buat deni…
    yaw jelaz suaranya kenceng revo thu maz..
    harga jaoh beda apalagi tarikan motor juga lebih kenceng kn???

  15. buat mas mamo…
    kalo mau kenceng diganti kontak, stnk plus bpkb tiger revo 2008..
    pasti kenceng tu om..!!

  16. apa kelemahan dari mesin honda mcb/win (itu lhu yang suka dipake ma pegawe bank)???
    tulung di jelasin dunk…
    kalo misalnya mau dinaekin jadi 110cc enaknya diganti piston apa y…????

    • besarin klep, trus naikkan kompresi
      dah dijamin kenceng
      kalo kurang ganti seker
      bubut noken as
      ganti karbu milik rx kingg

    • mudah ae . buat std hrian ganti aja cdi + porting polis aq jamin banter…..
      klo buat drag bawa ae ke penceng mekanical center..
      jl.mangkubumi km 12 jogjakarta

  17. ahk … bego tu smua yg ngajarin…
    bakar aja motornya
    kan gak perlu di service
    percumalah bahan bakarnya bensin…

  18. Salam bikers,

    Saya penunggang motor lawas yaitu prima (x) taon 1991, 3 taon lalu saya pernah ganti per kopling dengan yang racing. Walhasil tarikan motor enteng dan tidak slip. Setelah tiga taon berjalan ada kendala yaitu saat ngoper gigi atas (full perseneling) ada suara seperti gir box beradu namun tidak keras dan sebaliknya pada saat ngoper gigi bawah agak keras (susah masuk) apakah ini kendala seperti kampas kopling tipis ?

    Terima kasih, saya tunggu saran yang top daari anda.

  19. bos saya punya mtr karisma 2003,udah romakan dari per klep(sonic ),per kopling (racing),kopling sudah manual,noken as di papas,lubang antara in sama out sodah di lamer,seher ukuran 25 sudah di coak,head silinder sudah di poorting! Kendalanya memang tenaga dah GEDE,tapi klo di kick stater sangat keras dan mesin jadi pada nyanyi,itu kenapa ya bos?mohon saranya…..,terima kasih !!!

  20. Hallo…bang astra…aku mw minta katalog & diagram motor2 hönda jadul,khususna cb 100,aku mw bljr mesin honda jadul tolong ya bang

  21. motor saya grand 97…gw minta saran nya nh!!!!
    untuk nambah torque kecepatan pd motor saya,gmn cara nya?

  22. motor saya grand 98…gw minta saran nya nh!!!!
    untuk nambah torque kecepatan pd motor saya,gmn cara nya?

  23. kalo knalpot ngebul
    padahal udh d servis itu knp y?
    motor gw kharisma 2004
    oli rutin gw ganti, jalan gak jauh2…..
    mesin masih standar blm pernah d modif2….pleas d balas ya

    • motor ngebul berarti ada oli yang ikut kebakar
      dari manakah???
      dari ring seker yang sudah loyo
      kalo ganti ringg doang bisa sembuh tapi 1 bln ngebul lagi
      kalo ganti ring sekalian sekernya
      kalo mau irit
      sekernya asli ringnya npr aja

  24. Om ahass tanya dong kalo paking head karisma setandard itu ukuran 54mm bukan ya?
    thanks untuk jawabannya.

  25. @Dhani, Indra, triple tri
    Akan dipertimbangkan, kami tidak menyembunyikan setiap pekerjaan dalam melakukan perawatan motor pelanggan, kami memperbolehkan bila pelanggan ingin melihat secara langsung apa yang kami kerjakan terhadap motornya.
    karena kepuasan pelanggan adalah “Objektif kami”

  26. JANGAN PADA BEGOOOO ATUHHH…MANA MAU AHASSS NGASIH GAMBARNYA…NANTI PADA BUKA BENGKELL SENDIRI….MAKASIH!!!!!!!!

  27. kalo motor vario sedikit berbeda, sebab konstruksi mesin juga berbeda dengan tipe motor honda lainnya, dan penopang shock belakang berada di blok mesin belakang.
    khusus untuk vario akan saya bahas pada tips selanjutnya…
    btw tunggu aja….
    thanks…

Komentar ditutup.